Realisasi Program Peremajaan Sawit di Provinsi Bengkulu Capai 1.070 Hektar, Mukomuko Paling Luas

Realisasi Program Peremajaan Sawit di Provinsi Bengkulu Capai 1.070 Hektar, Mukomuko Paling Luas

Realisasi Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) atau replanting di Provinsi Bengkulu saat ini total telah mencapai 1.070 hektar pada tahun 2023.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Realisasi Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) atau replanting di Provinsi BENGKULU saat ini total telah mencapai 1.070 hektar pada tahun 2023.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu Bickman Panggarbessy.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu Bickman Panggarbessy.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BACA JUGA:Dinsos Kota Bengkulu Buka Posko Pelayanan 24 Jam, Bantu Warga Miskin hingga ODGJ

Adapun jumlah wilayah yang telah dilakukan PSR sebanyak 5 kabupaten.

Dengan rincian luas lahan dari 5 kabupaten tersebut antara lain Kabupaten Bengkulu Utara 79,7 hektar, Rejang Lebong 50,5 hektar, Mukomuko 760 hektar, Seluma 71,22 hektar, dan Bengkulu Selatan 108,9 hektar. 

BACA JUGA:Usai Dilantik, Sekda Seluma Minta Direktur RSUD Tais yang Baru Tingkatkan Mutu dan Pelayanan

"Ada 5 Kabupaten di Bengkulu mengajukan PSR atau Replanting tahun 2023 lalu, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kaur belum ikut PSR. Kita berharap tahun ini petani sawit di sana bisa ikut PSR," sampai Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu kepada BETVNEWS, Sabtu 23 Maret 2024.

Melalui PSR, kata Bickman, petani dapat mengakses bantuan dan dukungan teknis untuk mengganti tanaman sawit tidak produktif, sehingga dapat meningkatkan kualitas produksi kebun.

BACA JUGA:DLH Kota Bengkulu Imbau Masyarakat Waspada Pohon Tumbang Ketika Cuaca Buruk

Tambah Bickman, untuk data partisipasi petani sawit pada tahun 2023, tercatat 662 orang petani sawit yang turut serta dalam program PSR. 

Dimana Kabupaten Mukomuko menjadi yang terbanyak dengan jumlah peserta mencapai 477 orang. 

"Partisipasi petani sawit yang ikut PSR pada tahun 2023 cukup tinggi. Kita berharap tahun ini partisipasi petani di Kabupaten-kabupaten bisa lebih meningkat lagi," tambahnya.

BACA JUGA:Safari Ramadan Pemprov Bengkulu 2024, Desa Sukamerindu Terima Bantuan hingga Rp500 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: