4 Manfaat Rutin Minum Kopi di Pagi Hari

Jumat 30-12-2022,06:13 WIB
Reporter : Tria
Editor : Wizon Paidi

3. Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka, kopi ternyata bisa membantu menurunkan berat badan, asalkan kopi yang dikonsumsi adalah kopi hitam tanpa tambahan gula atau krimer.

Kafein yang terkandung dalam kopi hitam dikatakan mampu merangsang metabolisme tubuh, sehingga akan membantu proses pembakaran lemak. Semakin cepat proses pembakaran lemak terjadi, berarti penurunan berat badan bisa tercapai.

Namun tentunya manfaat tersebut hanya bisa didapatkan jika konsumsi kopi hitam yang cukup dibarengi dengan menjaga pola makan dan olahraga teratur.

BACA JUGA:UMP 5 Provinsi Sumbagsel Kompak Naik di 2023, Yuk Cek Besarannya dari Sumsel hingga Bengkulu

4. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Mengkonsumsi kopi hitam setiap hari juga dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Hal ini karena kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga penyakit ini dapat dicegah.

Selain itu, kafein dalam kopi juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Risiko kedua penyakit ini menurun karena kandungan asam klorogenat yang terkandung dalam kafein. Beragam manfaat kopi bisa didapatkan jika dikonsumsi dengan benar.

Di sisi lain, terlalu banyak mengonsumsi kopi justru dapat menimbulkan dampak negatif, bahkan memicu efek samping bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi kopi terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan tidur malam, gelisah, jantung berdebar, dan gangguan pencernaan.

Kategori :