24 Oktober Diperingati Sebagai Hari Perserikatan Bangsa-bangsa, Cek Peringatan Lain yang Jatuh di Tanggal Ini

Selasa 24-10-2023,12:31 WIB
Reporter : Tria
Editor : Wizon Paidi

PBB secara sah terbentuk pada tanggal 24 Oktober 1945, e mpat bulan setelah Konferensi San Francisco berakhir . Hal tersebut ditandai dengan pengesahan piagamnya oleh Tiongkok,   Uni Soviet, Inggris,  Prancis, Amerika Serikat, dan negara-negara lain.

 

Kini PPB sudah lebih dari 75 tahun setelah peresemiannya, dan masih berupaya menjaga perdamaian dan keamanan internasional,  melindungi hak asasi manusia,   memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang membutuhkan, dan menegakkan hukum internasional.

BACA JUGA:Apel Akbar Hari Santri Nasional 2023 di Bengkulu Diikuti Ribuan Peserta

2. Hari Polio Sedunia

Hari Polio Sedunia diperingati pada tanggal 24 Oktober setiap tahunnya.

Peringatan ini dibuat sebagai upaya global menuju masa depan bebas polio, serta pengorbanan tanpa pamrih dari mereka yang bekerja di garis depan perjuangan untuk memberantas polio di seluruh penjuru dunia. 

Polio menular karena mudahnya virus polio menyebar. Meskipun virus ini sekarang sudah sangat langka karena adanya intervensi modern, virus ini dapat merusak bagian otak yang mengatur pernapasan.

Tidak jarang penyakit ini mengakibatkan kematian.  Polio sejauh ini hanya dapat dicegah melalui vaksinasi.

Hari Polio Sedunia didirikan oleh Rotary International dalam rangka memperingati kelahiran Jonas Salk, yakni pemimpin tim pembuatan vaksin Polio pertama. 

Tanggal 24 Oktober dipilih karena bertepatan dengan tanggal kelahiran Jonas Salk.

BACA JUGA:21 Oktober Memperingati Hari Apa? Cek Daftar Peringatan di Tanggal Ini, Ada Hari Pencegahan Defisiensi Yodium

3.  Hari Informasi Pembangunan Sedunia

Hari Informasi Pembangunan Sedunia diperingati setiap tanggal 24 Oktober.

Peringatan ini dibuat untuk  meningkatkan kesadaran tentang hambatan pembangunan di banyak negara dan cara mengatasinya.

Konferensi PBB mengenai Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) mengeluarkan resolusi untuk menetapkan Hari Informasi Pembangunan Dunia p ada tahun 1972 .

Kategori :