5 November Memperingati Apa? Cek Daftar Lengkapnya, Ada Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Sabtu 04-11-2023,15:12 WIB
Reporter : Tria
Editor : Wizon Paidi

Presiden Soeharto menyebutkan bahwa penetapan perayaan ini dalam rangka untuk terus mengingatkan diri kita agar kita selalu menjaga kelestarian fungsi lingkungan. Maka penetapan satu hari dalam setahun ini, sebagai hari yang menggugah kesadaran dan kecintaan kita semua pada puspa tanaman dan satwa alam kita.

BACA JUGA:Hari Vegan Sedunia 1 November 2023: Simak 5 Manfaat Konsumsi Sayur dan Buah untuk Kesehatan Tubuh

2.  Hari Kesadaran Tsunami Sedunia  

Hari Kesadaran Tsunami Sedunia diperingati pada tanggal 5 November setiap tahunnya.  Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan perayaan ini untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan tentang tsunami untuk memastikan bahwa masyarakat bertindak tegas dan tanpa panik ketika ada peringatan tsunami.

Pada tanggal 22 Desember 2015, PBB melalui resolusi 70/23 menetapkan tanggal 5 November sebagai Hari Kesadaran Tsunami Sedunia. Meski jarang terjadi, tsunami merupakan salah satu bencana alam yang paling dahsyat dan berbahaya. Mereka tidak memiliki batas negara karena tidak hanya berdampak pada masyarakat pesisir saja, namum juga mencapai dan menghancurkan kota-kota dan komunitas lain yang berlokasi jauh dari pantai.

BACA JUGA:1 November Memperingati Hari Vegan Sedunia, Simak Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

3. Hari Tanpa Tugas

Hari Tanpa Tugas atau Zero Tasking Day dirayakan pada hari Minggu pertama bulan November setiap tahun.

Tahun ini, peringatan ini jatuh pada tanggal 5 November. Zero Tasking Day diadakan dalam untuk mendorong kita agar mendedikasikan waktu luang itu untuk diri kita sendiri dengan menikmati kedamaian dan ketenangan sambil menghargai lingkungan dan kehidupan kita.

 

Hari Tanpa Tugas merupakan peringatan untuk merayakan kedamaian dan ketenangan. Perayaan ini sekaligus mengajarkan masyarakat bahwa dalam lingkungan yang bergerak cepat, tidak masalah untuk berhenti sejenak dan menghargai kehidupan. 

Demikian informasi mengenai daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 5 November. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :