5 Desember Memperingati Hari Tanah Sedunia, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Selasa 05-12-2023,11:06 WIB
Reporter : Tria
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Tiap tanggal punya peringatan yang dirayakan oleh sebagian orang setiap tahunnya. Tak terkecuali pada tanggal 5 Desember.

Tahun ini, 5 Desember 2023 bertepatan dengan hari Selasa. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Tanah Sedunia.

Peringatan ini didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya pengelolaan tanah yang sehat dan berkelanjutan.

Selain Hari Tanah Sedunia, tanggal 5 Desember juga diperingati sebagai  Hari Ninja Internasional dan  Hari Relawan Internasional.

BACA JUGA:2 Desember Memperingati Hari Pendidikan Khusus, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal ini:

1. Hari Tanah Sedunia

Hari Tanah Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Desember. Peringatan ini didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya pengelolaan tanah yang sehat dan berkelanjutan.

Pada tahun 2002, Persatuan Ilmu Pengetahuan Tanah Internasional merekomendasikan pembuatan hari internasional untuk merayakan dan membangkitkan kesadaran seputar tanah. Gerakan ini dipimpin oleh kerajaan Thailand di bawah mendiang Raja Bhumibol Adulyadej.

Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Amerika Serikat mendukung penetapan resmi Hari Tanah Sedunia. Idenya adalah untuk menciptakan sebuah platform untuk meningkatkan kesadaran global akan pentingnya tanah yang sehat.

BACA JUGA:1 Desember Memperingati Hari Tanpa Seni, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Pada tahun 2013, Konferensi FAO mendukung Hari Tanah Sedunia dan meminta penerapannya secara resmi pada Sidang Umum PBB ke-68.

Pada tahun 2014, Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 5 Desember sebagai Hari Tanah Sedunia resmi yang pertama. Tanggal itu juga merupakan hari ulang tahun resmi mendiang Raja Thailand, yang secara resmi menyetujui acara tersebut. 

Peringatan ini sekaligus untuk menghormati pemikiran dan karyanya yang luar biasa untuk menjadikan hari itu kenyataan.

Sejak itu, Hari Tanah Sedunia menjadi bagian penting untuk mengadvokasi sumber daya pengelolaan tanah berkelanjutan.

Kategori :