22 Februari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Pramuka Sedunia

Rabu 21-02-2024,10:55 WIB
Reporter : Tria
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Hampir setiap tanggal di kalender memiliki peringatan yang dirayakan oleh sebagian orang, termasuk pada tanggal 22 Februari. Lantas tanggal ini memperingati hari apa?

Tahun ini, 22 Februari 2024 jatuh pada hari Kamis. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Pramuka Sedunia.

Hari Pramuka Sedunia diadakan untuk memperingati hari kelahiran Robert Baden-Powell yang merupakan Bapak Kepanduan Dunia.

BACA JUGA:21 Februari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Bahasa Ibu Sedunia

Selain itu, ada beberapa perayaan lain yang ada di tanggal ini. Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 22 Februari:

1. Hari Pramuka Sedunia

Setiap tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Pramuka Sedunia atau Hari Kepanduan Sedunia. Hari Pramuka Sedunia diadakan untuk memperingati hari kelahiran Robert Baden-Powell yang merupakan Bapak Kepanduan Dunia.

Peringatan ini juga sekaligus menyoroti keberhasilan pramuka dalam organisasi kepanduan di dunia yang masih relevan hingga saat ini.

Dalam sejarahnya, Gerakan Pramuka bermula di Inggris pada tanggal 24 Januari 1908, ketika Robert Baden-Powell menerbitkan edisi awal "Scouting for Boys."

Kemudian pada tahun 1899 Baden-Powell menulis buku berjudul "Aids to Scouting," sebuah buku pegangan lapangan militer yang ditulis untuk pasukan Inggris.

BACA JUGA:19 Februari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya, Ada Hari Komando Pertahanan Udara Nasional

Buku tersebut menjadi populer di kalangan generasi muda. Anak laki-laki tertarik dengan pelatihan pelacakan dan observasi serta merancang permainan rumit dengan menggunakan pelatihan tersebut.

Setelah mendengar hal ini, Powell mengembangkan pedoman lapangan sipil untuk remaja yang menekankan moral dan perbuatan baik.

Hari Pramuka Sedunia diperingati pada tanggal 22 Februari, tanggal lahir Robert Baden-Powell dan istrinya Olave Baden-Powell, di hampir semua organisasi Pramuka di seluruh dunia. Olave sendiri merupakan Ketua Pemandu Putri pertama di dunia.

Di Kenya, makam Powell telah menjadi tujuan ziarah, dengan pasukan Asosiasi Pramuka Kenya dan Asosiasi Pemandu Wanita Kenya mengunjungi makam tersebut setiap tahun.

Kategori :