Dinkes Seluma Temukan 111 Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies Sepanjang 2024

Rabu 15-05-2024,19:26 WIB
Reporter : Wisnu Sukarajo
Editor : Ria Sofyan

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, terus melakukan pendataan masyarakat di Kabupaten Seluma yang terjangkit gigitan hewan penular rabies.

Bahkan, dari data yang dihimpun pihaknya Dinkes Seluma, hingga bulan Mei 2024 ini, kasus gigitan hewan penular rabies tersebut, sudah sebanyak 111 kasus.

Kasi P2PM Dinkes Seluma, Septi Erdita Putri mengatakan, ada pun 111 masyarakat Seluma yang terjangkit gigitan hewan rabies ini, tersebesar di 14 Kecamatan se-Kabupaten Seluma, yang meliputi gigitan hewan peliharaannya sendiri, seperti hewan jenis anjing, kucing dan kera.

BACA JUGA:Beasiswa SDM Sawit Kementan RI Dibuka, DTPHP Provinsi Bengkulu Minta Masyarakat Segera Mendaftar

"Sampai hari ini dari data kami Dinkes Seluma ada sebanyak 111 kasus rabies. Dan tertinggi gigitan rabies Anjing dan terbanyak di Desa Pajar Bulan," ungkap Septi Erdita Putri, Rabu 15 Mei 2024.

Tak sampai disitu, Septi Erdita Putri juga mengatakan, mengingat dari 111 kasus rabies ini didominasi tertinggi hewan rabies anjing sebanyak 90 kasus, kucing 19 kasus dan 2 kasus rabies kera.

BACA JUGA:Saldo DANA Gratis Rp700 Ribu Cair di Sini! Cukup Siapkan KK dan Penuhi Syarat Ini

Serta terbanyak terjadi di wilayah Desa Pajar Bulan Kecamatan Semidang Alas sebanyak 15 kasus rabies dan Kelurahan Masmambang Kecamatan Semidang Alas Maras sebanyak 8 kasus rabies.

Maka dari itu, agar persoalan kasus rabies hewan peliharaan ini tidak terjadi lagi. Menyikapi hal ini, ia menghimbau untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Seluma, yang memiliki hewan peliharaannya dapat kiranya terus melakukan penyutikan Vaksin rabies.

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu Imbau Masyarakat Lestarikan Bahasa Daerah

Serta bila ada masyarakat yang mengalami gigitan hewan tersebut, juga dapat segera mungkin melakukan pengobatan ke Puskesmas terdekat.

"Kita himbau untuk masyarakat yang memiliki hewan peliharaan yang bertaring dapat kiranya rutin untuk melakukan Vaksin Rabies. Dan bila mana terdampak gigitan dengan hewan bertaring, juga dapat segera mungkin melakukan pencucian di air yang mengalir dan melakukan pengobatan ke Puskemas terdekat," pungkasnya.

BACA JUGA:Tanpa Bahan Kimia, Ini 6 Tips Dapatkan Kulit Glowing Secara Alami, Dijamin Wajah Cerah Bercahaya

(Wisnu Sukarajo)

Kategori :