7 Tips Agat Anak Gemar Membaca, Salah Satunya Ajak Anak Baca Buku Bersama

Jumat 07-06-2024,11:07 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

4. Mencari Buku Berwarna

Agar anak suka membaca buku, sebaiknya orang tua menghindari untuk memaksanya memilih bacaan tertentu dan membiarkan mereka membaca buku sesuai keinginan mereka. 

BACA JUGA:Mengenal Stunting, Gangguan Pertumbuhan pada Anak yang Dapat Intai Si Kecil, Apa Dampaknya?

Karena itu, orang tua bisa memilih buku bacaan yang menarik perhatian mereka seperti buku bergambar, buku berwarna-warni, atau buku apapun yang mereka suka. 

Jika orang tua memilih buku bacaan yang sesuai dengan keinginan mereka, maka akan tumbuh kesan baik bagi anak sheingga anak akan menganggap jika membaca merupaka aktivitas yang menyenangkan. 

BACA JUGA:5 Cara Atasi Speech Delay pada Anak, Perhatian Orang Tua Jadi Kunci Utama

5. Menjadikan Buku Sebagai Hadiah

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan oleh orang tua agar anak gemar membaca adalah dengan memberikan hadiah atau kado pada anak agar mereka merasa jika buku merupakan benda yang penting dan berharga. 

Orang tua dapat memberikan kado buku saat anak berulang tahun seperti buku dongeng, buku teka-teki, buku menggambar, ensiklopedia, atau buku lainnya yang sesuai dengan usia mereka. 

BACA JUGA:Parents, Yuk Deteksi Speech Delay pada Anak Sejak Dini! Ini Tandanya

6. Membaca Buku Melalui E-book

Agar anak tidak merasa bosan dengan buku fisik, orang tua dapat meperkenalkan buku digital atau e-book pada anak melalui ponsel atau gadget lain. 

Layar sentuh dan juga beragam fitur yang ditawarkan di dalam e-book ini akan membantu anak untuk membaca dengan menyenangkan. 

Tidak hanya itu, gambar yang memiliki warna lebih kontras pada e-book juga dapat tampak lebih menarik sehingga dapat membuat anak menjadi senang membaca. 

BACA JUGA:8 Penyebab Speech Delay pada Anak, Salah Satunya Gangguan Pendengaran

7. Membawa Buku Saat Berpergian

Kategori :