Waspada Anemia pada Anak! Mari Cegah dengan 5 Cara Ini

Selasa 11-06-2024,15:48 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Untuk mencegah anemia defisiensi zat besi ini tentu saja dengan mencukupi asupan zat besi pada anak dimana anak berusia 1-3 tahu biasanya memerlukan 7 mg cat besi per hari. 

Kebutuhan ini akan naik saat mereka menginjak usia 4-6 tahun menjadi 10 mg per harinya. Namun secara lebih rinci, 5 cara berikut bisa membantu kamu untuk mencegah anemia pada anak. 

BACA JUGA:10 Manfaat Pare untuk Kesehatan, Kendalikan Gula Darah hingga Cegah Anemia

1. Memberikan Makanan Kaya Zat Besi Heme

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah anemia pada anak adalah dengan memberikan asupan zat besi atau memberikan makanan yang kaya akan zar besi. 

Zat besi sendiri dapat ditemukan dari dua sumber, yaitu dari protein hewani (zat besi heme) dan juga sumber nabati (zat besi non heme). 

BACA JUGA:7 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Anemia

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan para orang tua untuk mengutamakan asupan zat besi heme yang lebih mudah diserap dibandingkan dengan non heme. 

Zat besi jenis ini paling banyak ditemukan di daging merah, seperti daging sapi, daging kambing, dan organ hari ayam serta hati sapi sehingga orang tua dapat memanfaatkan kandungan ini. 

BACA JUGA:Cegah Stres Oksidatif dan Anemia, Ini 10 Manfaat Sayur Bayam untuk Kesehatan

Meski zat besi heme lebih utama, namun orang tua juga dapat memberikan zat besi non heme yang dapat diperoleh dari bayan, brokoli, tomat, dan juga jamur. 

2. Berikan Makanan Tinggi Vitamin C

Cara berikutnya yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah anemia pada anak adalah dengan memberikan makanan yang tinggi vitamin C agar penyerapan zat besi menjadi semakin optimal. 

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Turunkan Tekanan Darah hingga Cegah Anemia

Vitamin C sendiri telah terbukti dapat meningkatkan penyerapan zat besi non heme dan menyimpannya dalam bentuk yang lebih mudah untuk diserap tubuh. 

Asupan vitamin C ini dapat diperoleh melalui buah dan sayur seperti pepaya, jeruk, jambu merah, tomat, paprika, melon, dan berbagai jenis buah lainnya.

Kategori :