6 Tips Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi di Dalam Tubuh, Salah Satunya Batasi Asupan Gula Tambahan

Rabu 12-06-2024,16:45 WIB
Reporter : Rizki
Editor : Ria Sofyan

Rutin berolahraga menjadi salah satu cara yang cukup efektif turunkan kadar kolesterol.

Bahkan efek olahraga lebih dari itu. Cara menurunkan kolesterol tinggi sebetulnya dapat dimulai dari hal-hal kecil, seperti menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut merupakan beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

BACA JUGA:Jangan Tertipu Kelezatannya, 6 Makanan Ini Picu Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

3. Jangan gampang stres

Cara menurunkan kadar kolesterol secara efektif selanjutnya ialah jangan sampai stres. Atur emosi mu agar tidak berdampak pada tubuh.

Biasanya faktor stres dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Maka dari itu, seseorang dianjurkan untuk mengatasi stres dengan melakukan beberapa hal yang dapat meningkatkan suasana hati. Namun, jika stres terjadi berlarut-larut, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

BACA JUGA:Catat! Ini 5 Cara Turunkan kolesterol Tinggi pada Tubuh, Berhenti Merokok hingga Kelola Stres

4. Kurangi konsumsi makanan beralkohol

Mengonsumsi makanan beralkohol dapat menjadi salah satu cara yang efektif menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebih dapat menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Ada baiknya segera hentikan sebelum mempengaruhi kesehatan jantungmu.

BACA JUGA:7 Gejala Kolesterol Tinggi pada Tubuh, Salah Satunya Sering Ngantuk

5. Membatasi makan-makanan yang mengandung gula dan lemak jahat

Membatasi makan-makanan yang mengandung gula dan lemak jahat adalah cara yang sangat efektif membantu menurunkan kadar kolesterol.

Kolesterol dengan kadar yang tinggi terbentuk dari kedua  faktor ini. Sebaiknya mulai hidup dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan daripada mengonsumsi gula yang berlebihan.

BACA JUGA:7 Jenis Makanan Bikin Kolesterol Naik, Nggak Cocok Dikonsumsi Saat Sedang Diet

Demikian informasi mengenai 5 tips menurunkan kadar kolesterol tinggi di dlam tubuh. Semoga membantu dan bermanfaat. (*)

Kategori :