Pekan Imunisasi Nasional, Dinkes Kota Bengkulu Targetkan 56 Ribu Anak Tervaksinasi Polio

Kamis 11-07-2024,15:38 WIB
Reporter : Robi Jalu
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani mengatakan, bahwa pihaknya akan melalukan vaksinasi polio di seluruh puskesmas yang ada di Kota Bengkulu.

Pemkot menargetkan 56.000 anak di Kota Bengkulu dari usia 0-7 tahun untuk divaksin polio pada gelaran Pekan Imunisasi Nasional (PIN) putaran pertama, yang dilaksanakan pada 23-29 Juli 2024.

Sedangkan putaran kedua dilaksanakan pada 6 Agustus-12 Agustus 2024 serentak di seluruh Indonesia.

BACA JUGA:Begal Beraksi di Jalan Jenggalu Kota Bengkulu, Rampas Motor dan Nyaris Tusuk Korban

Vaksin polio tersebut disediakan Dinkes Provinsi sesuai dengan target daerah masing-masing. Dinkes saat ini juga sedang mendata kebutuhan di masing-masing puskesmas di Kota Bengkulu untuk pendistribusian vaksin polio nantinya.

BACA JUGA:Polresta Bengkulu Ringkus Jaringan Narkoba Lintas Provinsi, 6 Kg Ganja dari Padang Diamankan

"Stok vaksin polio di Kota Bengkulu sudah mencukupi karena sebentar lagi kita akan melakukan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang dimulai pada 23 Juli 2024 serentak di seluruh Indonesia," kata Joni Haryadi Thabrani, Kamis 11 Juli 2024.

BACA JUGA:Festival Tabut Bengkulu 2024 Membawa Berkah bagi Pedagang Musiman

Tambah Joni, di Kota Bengkulu saat ini belum ditemukan kasus polio. Namun Dinkes akan terus waspada dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Di kota Bengkulu saat ini belum ditemukan kasus polio, namun mencegah lebih baik daripada mengobati. Kalau sudah terjangkit polio maka akan susah untuk disembuhkan, apalagi provinsi tetangga kita sudah ada yang mendapatkan kasus polio," tambahnya.

BACA JUGA:Disnakertrans Provinsi Bengkulu Evaluasi Program 1 Desa 1 Tenaga Kerja ke Luar Negeri

Lanjut Joni, dirinya juga mengimbau agar seluruh eleman masyrakat saling mengingatkan untuk melakukan vaksin polio bagi anak-anaknya yang berusia 0-7 tahun.

"Imbauan kita agar supaya RT, kelurahan/kecamatan, Babinsa, dan Babinkamtibmas agar mengingtakan warganya untuk mengikuti kegiatan vaksinasi polio saat PIN nanti," pungkasnya.(Jalu)

Kategori :