Sulit Dikenali, Ini 6 Ciri Toxic Relationship yang Perlu Kamu Ketahui

Sabtu 13-07-2024,11:30 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Lantas apa saja ciri-ciri toxic relationship? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:5 Dampak Toxic Relationship yang Bahayakan Kamu, Yakin Masih Mau Bertahan?

Ciri-ciri Toxic Relationship

1. Tidak Bisa Menjadi Diri Sendiri

Mereka yang terlibat di dalam hubungan toxic biasanya tidak bisa atau sulit untuk menjadi diri sendiri lantaran adanya kontrol dari pihak lain yang lebih dominan. 

Oleh sebab itu, kondisi ini dapat meyebabkan seseorang menjadi selalu bersikap tidak seperti dirinya dan terus berusaha untuk menjadi sesuai dengan tuntutan orang lain. 

BACA JUGA:6 Ciri Toxic Relationship yang Perlu Kamu Ketahui, Jangan Sampai Terjebak!

2. Selalu Dikontrol

Orang yang terlibat di dalam hubungan toxic, yang menjadi korban seringkali dikendalikan oleh pasangan yang mendominasi di dalam hubungan tersebut sehingga dia akan terus memegang kendali. 

Dalam hal ini, mereka yang lebih dominan akan terus menerus mengatur kehidupan mereka sesuai keinginannya meskipun tidak sejalan dengan pandangan pasangannya. 

BACA JUGA:Pernah dengar Istilah Toxic Relationship? Yuk Cari Tahu Maknanya di Sini

Biasanya jika hal ini terjadi, pihak yang mendominasi akan terus mengucapkan kalimat manipulatif atau bahdkan melakukaan sesuatu yang membuat korban mau tidak mau harus menuruti keinginannya tersebut. 

3. Tidak Mendapat Dukungan

Saat seseorang terjebak di dalam toxic relationship entah itu dalam hubungan percintaan ataupun pertemanan, biasanya mereka seringkali menganggap pencapaian orang lain sebagai kompetisi. 

BACA JUGA:Mengenal Gaslighting, Perilaku Toxic yang Serang Psikologis Seseorang, Pernah Alami?

Oleh sebab itu, hal ini akan embuat mereka tidak memberikan dukungan atau apresiasi untuk satu sama lain dan bahkan cenderung melakukan persaingan dengan cara yang tidak sehat. 

Kategori :