Jadi Amalan Utama, Ini Jadwal dan Niat Puasa Asyura 10 Muharram, Cek Keutamaannya

Senin 15-07-2024,11:45 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Saat memasuki bulan Muharram, banyak yang ingin mengetahui jadwal dan niat puasa asyura yang merupakan salah satu amalan yang paling utama dilakukan.

BACA JUGA:Masya Allah! Ini 5 Keutamaan Bulan Muharram yang Bikin Kamu Makin Semangat Beribadah

Bulan Muharram sendiri merupakan satu dari empat bulan mulia atau dikenal dengan sebutan asyhurul hurum yang memiliki banyak keutamaan sehingga umat Islam dianjurkan untuk berpuasa di bulan ini. 

Bahkan seperti yang dilansir dari laman NU Online, diketahui jika puasa sunnah di bulan Muharram ini memiliki pahala yang besar. 

BACA JUGA:5 Larangan di Bulan Muharram, Salah Satunya Dilarang Berperang

Rasulullah SAW bahkan menyebutkan jika puasa di bulan Muharram ini merupakan puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadhan. 

Bulan ini dimaknai sebagai Tahun Baru Islam atau Tahu Barun Hijriyah dan menjadi salah satu bulan yang mulia selain bulan Dzulqaidah, bulan Dzulhijjah, dan bulan Rajab. 

BACA JUGA:Kumpulkan Pahala Sebanyak Mungkin dengan Sederet Amalan Sunnah Bulan Muharram Ini, Apa Saja?

Hal ini lantaran bulan Muharram merupakan bulan yang berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah pada 633 Masehi lalu yang menjadi awal mula ditetapkannya 1 Muharram. 

Di bulan ini, terdapat hari istimewa yaitu hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram dengan berbagai keistimewaan di dalamnya. 

BACA JUGA:Puasa Asyura Muharram 2024 : Jadwal, Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya

Lantas kapan jadwal puasa asyura ini dan seperti apa niat puasa serta keutamaannya? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

Jadwal, Niat, Tata Cara dan Keutamaan Puasa Asyura 2024

1. Jadwal Puasa Asyura

Masih melansir laman NU Online, pada bulan Muharram ini umat Islam dianjurkan untuk berpuasa pada tanggal 9, 10. dan 11 Muharram. 

Kategori :