Perubahan Gaya Hidup hingga Kondisi Sekitar Tak Mendukung, Ini 5 Penyebab Stres pada Lansia

Selasa 16-07-2024,15:19 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BACA JUGA:Cek 11 Manfaat Paprika Hijau Ini untuk Kesehatan Wanita, Mengurangi Risiko Kanker Payudara Salah Satunya

2. Merawat pasangan yang sakit

Penyebab stres pada lansia berikutnya adalah efek merawat pasangan yang sakit. Seperti yang diketahui bahwa ketika sudah lanjut usia merawat seseorang yang sakit bukanlah hal yang mudah.

Kondisi ini sangat menguras tenaga dan pikiran, oleh karena itu merawat pasangan yang sakit ketika sudah lanjut usia dapat menyebabkan stress.

Hal tersebut karena setiap hari dipenuhi dengan rasa khawatir, takut akan kehilangan dan pikiran-pikiran buruk lainnya. Di sisi lain merawat pasangan yang sakit ketika sudah lanjut usia juga sangat menguras tenaga sehingga membuat kesehatan ikut menurun yang juga dapat memicu stres.

BACA JUGA:Alami Sensitivitas Lidah, Cek Sederet Dampak Buruk Mengonsumsi Paprika Hijau Bagi Kesehatan

3. Kematian kerabat, pasangan hidup atau teman dekat yang berada di panti

Penyebab stres pada lansia selanjutnya adalah kematian kerabat pasangan hidup atau teman dekat.

Rasa sakit akibat ditinggalkan menjadi pemicu utama stress pada lansia, hal tersebut karena ketika ditinggalkan orang cenderung merasa sedih dan berfikir berlebihan.

Apalagi jika seorang lansia tersebut tidak memiliki siapa pun lagi setelahnya, hal ini dapat mengakibatkan lansia berpikir untuk melakukan hal-hal yang merugikan seperti mengakhiri hidup.

BACA JUGA:Dikenal Sering Bikin Kembung, Ini 5 Manfaat yang Ditawarkan Sayur Kol untuk Kesehatan

4. Memburuknya kemampuan fisik dan penyakit kronis

Selain ditinggalkan memburuknya kemampuan fisik dan penyakit kronis menjadi salah satu penyebab stres pada lansia. Hal tersebut karena rasa sakit yang diderita dan dialaminya setiap hari membuat ia berpikir berlebih.

Selain itu penderita sakit kronis sangat menguras tenaga dan dirawat oleh anak membuat lansia tersebut merasa merepotkan.

Kondisi ini memacu seseorang yang sudah lanjut usia memikirkan banyak hal di kepalanya tak heran jika banyak lansia yang meninggal karena stress.

5. Kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung

Kategori :