Kenali 7 Efek Samping Daun Ketumbar Ini Bagi Kesehatan, Picu Alergi Hingga Gangguan Pencernaan

Rabu 17-07-2024,10:45 WIB
Reporter : Rizki
Editor : Ria Sofyan

Sebaiknya jika kamu berkontak langsung dengan daun ketumbar dan mengalami yang beberapa gejala di atas segera bilas dan periksakan ke dokter spesialis kilit.

BACA JUGA:Tidak Hanya Bijinya, Ternyata Daun Ketumbar Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan, Cek Kandungan dan Khasiatnya

3. Efek pada Pencernaan

Selain reaksi alergi, daun ketumbar juga dapat memicu masalah pada pencernaan. Mengonsumsi daun ketumbar dalam jumlah besar bisa menyebabkan efek samping pada sistem pencernaan, seperti sakit perut, mual, muntah, dan diare.

BACA JUGA:Cocok untuk Makan Malam, Ini Resep Tumis Tahu Daun Ketumbar

4. Penurunan Gula Darah

Daun ketumbar diketahui memiliki sifat menurunkan gula darah. Ini bisa menjadi masalah bagi orang yang sudah memiliki gula darah rendah atau yang sedang mengonsumsi obat antidiabetes, karena bisa menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah).

BACA JUGA:Hempas Kerutan Secara Alami, Ini 8 Manfaat Buah Alpukat untuk Wajah

5. Interaksi dengan Obat

Daun ketumbar dapat berinteraksi dengan beberapa obat, seperti obat antidiabetes. Daun ketumbar apabila berinteraksi dengan obat antidiabetes bisa meningkatkan efek obat ini dan menyebabkan gula darah turun terlalu rendah.

Daun ketumbar berinteraksi dengan obat pengencer darah bisa memperlambat pembekuan darah, meningkatkan risiko perdarahan jika dikonsumsi bersama obat pengencer darah.

BACA JUGA:Konsumsi Sayur Kol Secukupnya Jika Tidak Ingin Terkena 5 Efek Samping Ini

6. Efek pada Tekanan Darah

Daun ketumbar bisa menurunkan tekanan darah. Bagi orang yang memiliki tekanan darah rendah atau sedang mengonsumsi obat antihipertensi, ini bisa menjadi masalah karena bisa menyebabkan tekanan darah turun terlalu rendah.

BACA JUGA:Makan Buah Pisang Secukupnnya Jika Tidak Ingin Terkena 5 Efek Samping Ini, Nomor 1 Paling Berbahaya

7. Efek pada Hormon

Kategori :