Bawang Goreng Baik untuk Kesehatan, Ini 6 Manfaat yang Perlu Diketahui

Kamis 18-07-2024,21:15 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Bawang goreng ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya dapat menjaga kadar gula darah.

Biasanya bawang goreng dibuat dari bawang merah yang digoreng sampai kecokelatan. Dalam studi Journal of Food Processing and Preservation menyebutkan bahwa bawang merah yang sudah digoreng, kadar senyawa antioksidan nya tidak mengalami perubahan.

Ada banyak nutrisi yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya. Bumbu tabur ini memiliki kandungan yang aman bagi tubuh, seperti protein, zat besi, kalsium, karbohidrat, serat, hingga vitamin.

BACA JUGA:Mengatasi Beragam Masalah Kulit Wajah, Kenali Sederet Manfaat Mentimun Bagi Kecantikan

Selain memberikan rasa yang nikmat, bawang goreng menjadi bubur tabur yang sangat mudah dibuat. Bahkan, tidak sedikit orang menyukai bawang goreng sebagai bumbu tabur untuk makanan. 

Ada banyak masakan rumahan yang cocok untuk disandingkan dengan bawang goreng ini. Tak heran, jika bawang goreng satu ini selalu ada pada beberapa makanan.

Dilansir berbagai sumber, berikut beberapa manfaat konsumsi bawang goreng bagi kesehatan yang perlu diketahui.

BACA JUGA:Timun Suri Punya Segudang Nutrisi Baik untuk Tubuh, Berikut 9 Manfaatnya Bagi Kesehatan

1. Menjaga kadar gula darah

Berkat kandungan yang ada di dalamnya, bawang goreng dapat bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah agar tidak naik.

Bagi kamu penderita diabetes, bawang goreng ini masih aman untuk dikonsumsi secukupnya. Selain itu kandungan seperti senyawa allicin dan kaempferol bisa memaksimalkan fungsi insulin.

Hal ini dapat membuat kadar gula darah tidak naik terlalu cepat. Namun, bawang goreng ini masih perlu diteliti lebih lanjut karena masih terbatasnya informasi.

BACA JUGA:3 Manfaat Kayu Manis untuk Masakan, Pemberi Aroma hingga Jadi Bumbu Serbaguna

2. Mengurangi peradangan

Manfaat lainnya, diketahui bawang goreng dapat membantu mengurangi peradangan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan quercetin dalam bawang goreng yang punya sifat antiradang.

Kategori :