4 Penyebab Utama Flu pada Anak, Salah Satunya Virus, Cek yang Lain di Sini

Jumat 19-07-2024,10:19 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Virus termasuk salah satu penyebab utama flu pada anak, yuk simak ulasan selengkapnya di sini.

Flu merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyebabkan hidung tersumbat dan keluarnya cairan atau lendir dari dalam hidung. Biasanya masalah kesehatan satu ini menimbulkan beberapa gejala yakni demam, sesak nafas, kesulitan bernafas, hingga hidung tersumbat.

Flu dapat dialami oleh siapa pun termasuk anak, biasanya anak terserang flu ketika daya tahan tubuhnya sedang rendah sehingga virus penyebab flu lebih mudah menyerang.

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Buah Leci untuk Asam Lambung, Ampuh Redakan Gejala Refluks Asam

Seperti yang diketahui bahwa sistem kekebalan anak-anak masih sangat rendah oleh karena itu rentan terserang virus penyebab flu. Masalah kesehatan ini sebaiknya segera diatasi agar si kecil dapat beraktivitas dengan nyaman kembali.

Itulah mengapa peran orang tua sangat penting dalam menjaga kesehatan si kecil, salah satunya dengan mengetahui penyebab flu pada anak agar bisa menghindarinya.

Melansir dari laman resmi lifepack.id, berikut penyebab flu pada anak ya g wajib diketahui:

BACA JUGA:Cegah Flu dengan Nanas, Buah Lezat Simpan Segudang Manfaat, Cek Sekrang

1. Virus

Penyebab flu pada anak yang pertama adalah virus, seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa flu termasuk penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus.

Virus ini dapat menyebar melalui kontak bisik udara atau air liur oleh karena itu ibu wajib melindungi anak dari penyebaran virus tersebut.

Salah satu caranya yakni dengan mengingatkan anak untuk selalu mencuci tangan sebelum atau sesudah beraktivitas, menggunakan masker di tempat umum atau dengan tidak makan atau minum pada wadah yang sama dengan seseorang.

Biasanya anak yang terserang flu karena virus akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu tiga sampai lima hari namun jika anak tersebut memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat maka flu akan cepat sembuh.

Dengan begitu asupan nutrisi dan gizi sangat berperan penting dalam peningkatan daya tahan tubuh si kecil, dengan nutrisi yang baik maka daya tahan tubuh akan semakin kuat sehingga dapat lebih kebal menahan serangan virus atau bakteri.

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Flu pada Anak, Terapi Uap Salah Satunya, Cek yang Lain

2. Alergi

Kategori :