Jonaidi SP Siap Mengembangkan dan Melestarikan Seni Tari Adat Serawai

Sabtu 20-07-2024,16:43 WIB
Reporter : Julyan Pabella
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Jonaidi SP anggota DPRD Provinsi Bengkulu menyebut, seni tari adat merupakan ekspresi seni yang mengandung makna mendalam dari suatu budaya. Melalui gerakan, musik, dan kostum, tari menjadi cermin dari identitas suatu masyarakat.

Oleh sebab itu, dirinya dengan Dispendikbud Provinsi Bengkulu mengadakan pagelaran Festival Tari Adat Serawai yang merupakan aspirasi dari masyarakat selams ini. 


Jonaidi SP anggota DPRD Provinsi Bengkulu menyebut, seni tari adat merupakan ekspresi seni yang mengandung makna mendalam dari suatu budaya. --(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BACA JUGA:Rakor Pilkada Serentak PDIP Bengkulu Diikuti Sejumlah Cakada, Ini Daftarnya

Dalam hal ini, ia juga siap mengembangkan dan melestarikan kebudayaan tari Adat Serawai.

"Seni tari ini salah satu seni yang mempertahankan identitas budaya suatu daerah. Atas dukungan dan aspirasi masyarakat yang menginginkan pelestarian tari adat, maka saya sebagai wakil rakyat dan juga didukung oleh Pemerintah siap mengembangkan dan melstarikan seni tari adat Serawai," kata Jonaidi SP, Sabtu 20 Juli 2024.

BACA JUGA:Ditinggal Mandi, Motor Milik Warga Kota Bengkulu Raib Digasak Maling

Tak hanya seni tari adat asli Serawai, seni tari adat Bali dan Batak yang telah lama mendiami Kabupaten Seluma melalui jalur transmigrasi dan perantauan juga tak luput untuk dilestarikan.

"Dengan pertama kalinya kita adakan pagelaran seni tari adat, Insya Allah kegiatan seperti ini kita akan terus rutin laksanakan setiap tahunnya," sampai Jonaidi SP.

BACA JUGA:Kampanye Lawan Judi Online, Kajati Bengkulu Gelar Turnamen Mini Soccer

Menurut Jonaidi SP, melestarikan suatu adat dan budaya yang kaya akan sejarah dan keberagaman. Jika terus dilestarikan akan mempertahankan suatu keunikan dari sebuah daerah.

"Suatu masyarkat ataupun daerah di seluruh dunia ini yang membedakan adalah  budayanya, karena tidak ada peradaban tanpa kebudayaan. Jadi kebudayaan harus terus di pertahankan," lanjut Jonaidi.

BACA JUGA:Pelestarian Budaya Seluma, Jonaidi SP Gelar Perlombaan Tari Adat Suku Serawai

Ditambahkannya, pelestarian budaya melalui seni tari bukan hanya tentang menjaga warisan masa lalu, tetapi juga tentang memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang nilai-nilai kemanusiaan. 

Sementara di dalam dunia pendidikan, seni tari dapat menjadi sarana yang kuat untuk mengajarkan siswa tentang identitas budaya, nilai-nilai tradisional, pengembangan kreativitas, toleransi antarbudaya, dan banyak lagi. (Adv)

Kategori :