Pemkab Seluma Gandeng Dikbud Menggelar Pentas Seni dan Budaya di TMII

Minggu 28-07-2024,14:35 WIB
Reporter : Julyan Pabella
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Kabupaten Seluma melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Seluma menampilkan pentas seni budaya Kabupaten Seluma di Anjungan daerah Bengkulu Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta 28 Juli 2024.

Dalam pagelaran pentas ini yang diikuti 15 penari dan pemusik dari tingkat sekolah SMP ini, menampilkan seni budaya, Tari Kreasi Semidang Bukit Kabu, Tari Kreasi Nuju Likur, serta lagu-lagu daerah.


Pemerintah Kabupaten Seluma melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Seluma menampilkan pentas seni budaya Kabupaten Seluma di Anjungan daerah Bengkulu Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta 28 Juli 2024.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BACA JUGA:Wisata Kota Tuo Kini Bak Hidup Segan Mati Tak Mau, Bangunan Nyaris Ambruk

Pagelaran pentas seni budaya Seluma pada hari tampil sebanyak 2 kali, penampilan pertama di Anjungan Daerah Bengkulu pukul 10.00 WIB dan penampilan kedua akan dilaksnakan di plaza kori agung depan museum Indonesia pukul 15.30 WIB.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma, Farzian mengatakan, pagelaran pentas seni budaya Kabupaten Seluma bertujuan sebagai ajang mempromosikan keanekaragaman seni dan budaya Kabupaten Seluma

"Ini salah satu upaya kita, untuk mengenalkan seni budaya dari Kabupaten Seluma kepada masyarakat luas. Karena masih banyak budaya Seluma yang perlu di lestarikan dan dikenalkan di kancah nasional," kata Farzian Kadis Dikbud Seluma. 

BACA JUGA:Wabup Minta Perusahaan di Seluma Berkontribusi dalam Upaya Penurunan Stunting

Lanjutnya, pentas seni budaya ini menjadi salah satu langkah penting dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya daerah, serta memperkuat identitas budaya lokal di tengah arus modernisasi.

Maka dari itu kedepannya diharapkan kegiatan semacam ini dapat terus digelar dan dikembangkan untuk mendukung upaya pelestarian dan memperkenalkan budaya Kabupaten Seluma di kancah nasional maupun internasional. 

BACA JUGA:Unggah Foto Bareng M. Saleh, Ariyono Gumay Akui Dapat Dukungan dan Wejangan Politik

"Saya harap kegiatan seperti ini dapat terus digelar sehingga kedepanya dapat mewujudkan aktualisasi seni dan kebudayaan asli Seluma agar dikenal masyarakat luas. Bahkan internasional," sampainya. 

Ditambahkannya, melalui kegiatan ini masyarakat asli dari Kabupaten Seluma yang bertinggal di Jabodetabek diharapkan turut mengenalkan Seni budaya dari Seluma sehingga dapat dikenal masyarakat luas. 

BACA JUGA:Wan Sui Ungkap Alasan Dampingi Ustad Dani Hamdani Maju Pilwakot Bengkulu

"Melalui kegiatan ini juga mengajak masyarakat Kabupaten Seluma yang berada di Jabodetabek untuk ikut mempromosikan seni dan budaya dari Seluma," ujarnya.

Kategori :