Pemprov Bengkulu Usulkan Penambahan Kuota Elpiji 3 Kilogram ke BPH Migas

Jumat 02-08-2024,18:30 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Ria Sofyan

BENGKULU, BETVNEWS - Dalam beberapa waktu terakhir adanya peningkatan konsumai energi untuk Elpiji 3 Kg di wilayah Bengkulu. Hal ini menyebabkan adanya kekurangan stok LPG yang disalurkan ke masyarakat dari kios-kios atau pusat gas. 

Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, RA. Denny mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah mengantisipasi peningkatan kebutuhan LPG dengan mengusulkan peningkatan persentase salur yang biasa dilakukan oleh pihak Pertamina. 

BACA JUGA:Inflasi Juli 2024 di Kota Bengkulu Turun, Ini 5 Komoditi Turut Andil

"Permintaan dari kawan-kawan adanya penambahan stok, ini sudah kita ajukan untuk tambahan stok. Sebenarnya stok kita untuk satu tahun itu cukup, namun menghadapi hari-hari besar dan dikhawatirkan ada kekurangan, maka kita ajukan penambahan persentase kuota salur," tutur RA. Denny.

Ia menambahkan, stok LPG di wilayah Bengkulu telah diplot selama satu tahun, sehingga jika ada kekurangan stok di bulan-bulan tertentu dapat diantisipasi dengan peningkatan stok salur dari kuota yang ada. 

BACA JUGA:Ditimpa Pohon, Pengendara Motor Tewas Saat Berkendara di Pantai Panjang

BACA JUGA:Ikuti Jalan Santai HUT ke-70 Agung Toyota Bengkulu, Menangkan Mobil Calya dan Hadiah Menarik Lainnya

Berdasarkan data yang diterima Pemprov Bengkulu dari Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, jumlah kuota LPG 3 Kg Provinsi Bengkulu tahun 2024 yang diterima sebanyak 54.631 Metrik Ton (MT). Jumlah tersebut mengalami penurunan sebanyak 778 MT dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni 55.409 MT.

"Persentase salur per semester kan sudah ada, ini yang diminta oleh kawan-kawan ada penambahan. Tapi ini sudah kita ajukan berkenaan penambahan dan pak Sekda sudah tanda tangan," imbuh RA. Denny. 

BACA JUGA:2,31 Angka Inflasi Bengkulu Bulan Juli Terkendali

BACA JUGA:Begini Cara Merebus Brokoli yang Benar untuk Kesehatan

Permintaan penambahan stok salur ini sudah mulai terjadi sejak perayaan hari raya Idul Adha beberapa waktu lalu. 

"Peningkatannya sekitar 7 persen dari stok yang ditentukan," singkatnya.

Kategori :