Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak Provinsi Bengkulu Dikukuhkan, Tangani 893 Kasus

Kamis 08-08-2024,17:01 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu resmi dikukuhkan.

Langkah ini diambil untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta berperan sebagai garda terdepan dalam melindungi.

Pengukuhan Satgas PPA dilakukan secara langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, di Balai Raya Semarak Bengkulu, Kamis 8 Agustus 2024.

BACA JUGA:Dinkes Sebut Cuaca di Musim Kemarau Pengaruhi Kenaikan Kasus TBC di Kota Bengkulu

Menurut Isnan Fajri, pembentukan dan pengukuhan Satgas PPA di seluruh kabupaten di Provinsi Bengkulu adalah wujud nyata komitmen pemerintah daerah dalam melindungi perempuan dan anak.

"Satgas ini juga diharapkan dapat mempercepat tercapainya status Bengkulu sebagai provinsi layak anak yang baru-baru ini mendapatkan evaluasi lapangan," ujar Isnan.

BACA JUGA:Dinas PMD Provinsi Bengkulu Tekankan 70 Persen DD Dialokasikan Program Pembangunan

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dalam mendukung upaya perlindungan terhadap perempuan dan anak.

"Saya berharap ini bukan sekadar predikat atau pencapaian semata, tetapi menjadi sistem yang kokoh di Provinsi Bengkulu, agar kekerasan terhadap perempuan dan anak tidak lagi terjadi," tambahnya.

BACA JUGA:Dukung Kesuksesan Pilkada Serentak 2024, Polda Bengkulu Siapkan 2.653 Personel Pengamanan

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana, Eri Yulian Hidayat, menjelaskan bahwa pengukuhan Satgas PPA bertujuan untuk mencegah, menjangkau, dan mengidentifikasi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Selain itu, Satgas ini juga ditugaskan untuk mengurangi segala bentuk kekerasan, baik di ruang publik, domestik, tempat kerja, maupun dalam situasi darurat, serta meningkatkan layanan bagi para korban kekerasan.

BACA JUGA:Bulog Salurkan 1.600 Bantuan Pangan Beras untuk Warga Bengkulu Selama 3 Bulan

"Dalam menjalankan tugasnya, Satgas PPA PPAPPKB memiliki empat bidang, yaitu pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak, bidang data pengarusutamaan gender, bidang pengembangan pemenuhan hak dan perlindungan anak, serta bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana," jelasnya.

Eri juga memaparkan bahwa selama periode 2021 hingga Juni 2024, Satgas PPA telah menangani 893 kasus. 

Kategori :