5 Cara Cegah Stres pada Lansia, Nomor 2 Penting Dilakukan

Selasa 13-08-2024,07:00 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

Cara mengatasi stress pada lansia yang pertama adalah dengan mengenali pemicu atau penyebab stres itu sendiri.

Hal ini dapat membantu untuk mencegah atau mengatasi stress pada lansia. Misalnya dengan mencatat hal-hal apa saja yang membuat lansia sedih, dengan mengetahuinya seseorang atau orang-orang disekitarnya dapat menghindari hal tersebut agar seorang yang sudah lanjut usia tidak merasa sedih.

Selanjutnya adalah menghindari hal-hal yang dapat membuat lansia marah, Hal tersebut karena marah juga dapat menyebabkan seseorang mengalami stres.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui hal apa saja yang dapat menyebabkan lansia tersebut mengalami stres agar dapat dilakukan tindakan pencegahan.

BACA JUGA:Asah Kecerdasan Siswa, Dikbud Lebong Gelar Lomba Cerdas Cermat

BACA JUGA:Efektif Tingkatkan Stamina, Buah Bit Tawarkan 10 Manfaat Ini untuk Kesehatan

2. Tetap terhubung dengan orang lain   

Cara mengatasi stress pada lansia berikutnya adalah dengan tetap terhubung dengan orang lain.

Seperti yang dikatakan sebelumnya beberapa penyebab kasus stress pada lansia diakibatkan oleh rasa kesepian karena ditinggalkan oleh orang terkasih.

Oleh karena itu bagi kamu yang memiliki orang tua yang sudah lanjut usia atau kerabat yang sudah lagi sia ada baiknya untuk tetap berhubungan atau sekali kali menelepon seseorang tersebut agar ia tidak merasa kesepian di usianya yang sudah lanjut.

BACA JUGA:4 Masakan Ini Lezat dan Bikin Nagih, Cobain Resep Sayur Sop Ceker Ayam

BACA JUGA:7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan, Ampuh Kontrol Gula Darah hingga Turunkan Berat Badan

3. Tetap bergerak aktif


--Sumber foto: (Web/kompas.com)

Cara mengatasi stres pada lansia selanjutnya adalah dengan tetap bergerak aktif. Dikatakan ketika tubuh aktif bergerak maka otak akan lebih sedikit berpikir.

Kondisi ini juga dapat berkurang dari seseorang yang sudah lanjut usia untuk berpikir terlalu keras apalagi overthinking.

Kategori :