Bengkulu Berpotensi Alami 2 Gempa Megathrust

Jumat 23-08-2024,18:09 WIB
Reporter : Robi Jalu
Editor : Ria Sofyan

BENGKULU, BETVNEWS - Kepala Stasiun Geofisika BMKG Kepahiang, Anton sugiharto mengatakan bahwa Bengkulu memang memiliki dua potensi gempa yaitu megathrust Enggano dan megathrust Mentawai - Pagai yang bila terjadi gempa berpotensi menimbulkan tsunami.

Maka untuk masyarakat Kota Bengkulu membutuhkan waktu sekitar 30 menit sedangkan Enggano butuh 4 menit untuk menyelamatkan diri ke titik berkumpul aman atau evakuasi.

Kota Bengkulu dan Pulau Enggano sendiri memiliki status awas dimana bila terjadi gempa berpotensi tsunami ketingiannya diperkirakan mencapai 3-10 meter  tergantung kontur pantai.

BACA JUGA:Helmi-Mian Resmi Diusung Partai Gerindra di Pilgub Bengkulu 2024, Kantongi B1KWK

BACA JUGA:Arif Sudibyo: Dani Hamdani Sosok yang Peduli dengan Pelaku UMKM di Kota Bengkulu

Perbedaan durasi datangnya tsunami relatif berbeda dikarenakan apakah jarak wilayah tersebut berdekatan dengan sesar atau titik patahan dan terjadinya gempa.

"Lama atau durasi datangnya tsunami berbeda-beda tergantung dengan jarak titik terjadinya gempa berpotensi Tsunami dengan wilayah tersebut," kata Anton Sugiharto, Jumat 14 Agustus 2014.

Tambah Anton, dirinya juga menjelaskan kriteria penyebab terjadinya tsunami.

BACA JUGA:Ayah di Kaur Cabuli Anak Kandung Selama 9 Tahun, Ketahuan Karena Ini

BACA JUGA:Resep Sate Klopo Khas Surabaya Paling Nikmat, Gurih dan Bikin Nagih, Begini Cara Buatnya

"Adanya Mekanisme naik atau thrust, kemudian Gempa terjadi diwilayah dangkal kurang dari 60 km kedalam laut, lalu kekuatan mangnirudonya diatas 6, dan getarannya bisa dirasakan, karena ada juga gempa diatas magnitudo 6 namun tidak bisa dirasakan," tambahnya.

Anton juga melanjutkan, bila terjadi gempa ada sejumlah tips atau cara yang bisa dilakukan untuk menghindari hal yangbtidak dinginkan seperti jangan panik, jika sedang  berada di dalam ruangan jangan langsung keluar.

BACA JUGA:Cocok di Minum Saat Cuaca Panas, Yuk Buat Es Doger Kelapa Muda, Ini Resepnya

BACA JUGA:Menu Ikan Bakar Enak dan Lezat Hari Ini! Cek Resep Sekarang di Sini, Auto Menggugah Selera

Dan jika sudah keluar hindari berada di dekat banguan dan pohon tinggi.

Kategori :