Sumur Mulai Mengering, Warga Dusun I Talang Tinggi Kesulitan Air Bersih

Sabtu 24-08-2024,16:15 WIB
Reporter : Julyan Pabella
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Akibat dampak musim kemarau, sebagian warga di Desa Talang Tinggi Kabupaten Seluma sudah mengalami kekeringan.

Seperti warga di Dusun 1 Desa Talang Tinggi, kecamatan Seluma Barat sudah mengalami kesulitan air bersih akibat sumur-sumur mengalami kekeringan. 

Padahal sumur warga memiliki kedalaman 10 meter lebih.

BACA JUGA:Kelompok Tani Batu Raja Rejang Bengkulu Utara Ikuti Pelatihan Pengolahan Pupuk Organik

Nampaknya kekeringan di Talang tinggi sepertinya akan terus melanda warga Desa Talang Tinggi jika terjadi kemarau panjang. 

Akibatnya, warga harus ke sungai untuk memenuhi kebutuhan air keperluan sehari-hari.

Disampaikan Syahnaz warga setempat, bahwa warga untuk memenuhi kebutuhan air keperluan sehari-hari harus turun ke sungai yang jaraknya lumayan jauh dari rumah.

BACA JUGA:Terkendala Anggaran, Pelaksanaan Program Nikah Gratis di Kota Bengkulu Belum Bisa Dipastikan

Ia mengambil air di sungai menggunakan jerigen dan memakai kendaraan. Ada juga dengan cara digendong memakai jerigan dimasukan dalam keranjang.

"Setiap musim panas seperti ini, kami sangat berharap ada perhatian khusus dari pemerintah," jelasnya.

BACA JUGA:PDIP Resmi Usung Pasangan Zurdi Nata-Abdul Hafis di Pilkada Kepahiang 2024

Sementara Itu, kekurangan air ini memang dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Seluma hampir secara menyeluruh sejak kemarau yang terus berlanjut sampai dengan saat ini.

"Pernah hujan beberapa hari tapi air sumur tidak bertambah tetap kering, nah sejak hujan itulah kini belum ada turun hujan lagi. Entah apa memang berlanjut yang jelas kami sudah kekurangan air air bersih," jelasnya.

BACA JUGA:Saber Pungli Kaur Imbau Masyarakat Tidak Tergiur Modus Penipuan Kelulusan Tes CPNS

Dirinya pun berharap kepada Pemerintah Kabupaten Seluma agar memberi bantuan penambahan pembangunan sumur bor yang bisa membantu mencukupi kebutuhan air bersih.

Kategori :