Perpusda Hadirkan Pelayanan Pojok Baca Digital di MPP Seluma

Minggu 25-08-2024,18:40 WIB
Reporter : Julyan Pabella
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Perpusda) Kabupaten Seluma hadirkan pelayanan membaca secara digital di Mal pelayanan Publik (MPP).

Kepala Dinas Perpusda Seluma Maharkidinata mengatakan, layanan pojok baca digital kini tersedia di MPP Seluma dan sudah beroperasi.

BACA JUGA:Ribuan Ubur-ubur Terdampar di Pantai Kota Bengkulu, 8 Pengunjung Tersengat Dilarikan ke RS

Untuk menggunakan layanan pojok baca digital atau peminjaman buku, pengunjung hanya perlu menunjukan KTP dan kartu pelajar bagi pelajar sekolah.

Perpusda Seluma juga sudah menyiapkan sebanyak 3 orang petugas untuk melayani pembaca secara maksimal di Mall Pelayanan Publik (MPP). 

BACA JUGA:Peringati Hari Rabies Sedunia, Disnakkeswan Provinsi Bengkulu Sediakan 2.000 Dosis Vaksin Gratis

"Kita terus mengajak masyarakat Kabupaten Seluma untuk meningkatkan minat baca, semua pelayanan kita sudah lakukan seperti peningkatkan perpustakaan keliling, perpustakaan desa, dan mempermudah peminjaman buku di perpusda cukup dengan KTP saja. Terbaru kita hadirkan pojok baca digital yang telah kita siapkan juga di MPP," sampainya. 

BACA JUGA:Motor Milik Mahasiswa di Kota Bengkulu Digasak Maling, Aksi Pelaku Terekam CCTV

Dikatakannya, untuk penyediaan perpustakaan digital ini merupakan bantuan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia. 

Namun untuk koleksi buku-buku elektroniknya masih terbatas

BACA JUGA:Keluarga Korban Bawa Kasus Pemukulan Oknum Security DPRD Provinsi Bengkulu ke Meja Hijau

Sedangkan buku yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Seluma, saat ini setidaknya sudah ada 6.000 judul. 

Namun jumlah buku tentang pengetahuan umum dan pendidikan saat ini masih minim. 

"Untuk koleksi buku yang berbasis digital untuk saat ini masih terbatas. Sedangkan koleksi buku di Perpusda ada sekitar 6.000 judul yang tersedia. Namun dengan jumlah tersebut masih minimnya buku tentang pengetahuan," ujarnya.

BACA JUGA:BMKG Bengkulu Konfirmasi Gempa di Pantai Barat Sumatera, Tidak Berpotensi Tsunami

Kategori :