6 Cara Pengobatan Cacar Monyet, Perawatan Medis hingga Isolasi

Sabtu 31-08-2024,16:56 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BACA JUGA:Jangan Berlebihan! Ini 6 Dampak Buruk Mengonsumsi Kacang Mete Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Waspada! Ini 5 Penyebab Penyakit Cacar Monyet yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Kontak Cairan Tubuh

Cara Mengobati Penyakit Cacar Monyet 

1. Perawatan Medis


--(Sumber : iStockPhoto)

Cara mengobati penyakit cacar monyet yang pertama adalah melalui perawatan medis. Hal ini lantaran penanganan cacar monyet sering kali memerlukan perhatian medis, terutama jika gejala menjadi parah. 

Jika seseorang dicurigai terkena cacar monyet, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan tenaga medis untuk mendapatkan diagnosis yang akurat dan perawatan yang sesuai. 

Pengobatan medis ini mungkin akan melibatkan penggunaan obat antivirus yang dapat membantu mengurangi durasi dan keparahan penyakit. 

Biasanya dokter akan meresepkan obat-obatan seperti tecovirimat, yang khusus digunakan untuk infeksi virus orthopoxvirus, termasuk monkeypox.

BACA JUGA:Inilah Isi Kandungan Gizi Kacang Mete, Nutrisinya Tawarkan 7 Manfaat Baik untuk Kesehatan

BACA JUGA:Pemkot Imbau Masyarakat Kota Bengkulu Waspada Potensi Musibah Gempa Megathrust

2. Obat Antivirus

Pengobatan penyakit cacar monyet yang selanjutnya adalah melalui obat antivirus yang diresepkan untuk membantu mengurangi beban virus dalam tubuh dan mempercepat proses penyembuhan.

Tecovirimat (TPOXX) adalah salah satu jenis obat yang telah disetujui untuk pengobatan cacar monyet dan dapat membantu mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

Obat ini bekerja dengan cara menghambat kemampuan virus untuk menyebar dan berkembang biak.

Meski demikian, beberapa kasus penggunaan obat antivirus lain mungkin dipertimbangkan, tergantung pada kondisi individu yang terjangkit dan juga keputusan dokter.

Kategori :