Peringati Hari Kontrasepsi Sedunia 2024, Pemkot Bengkulu Sediakan Layanan KB Gratis

Minggu 08-09-2024,17:40 WIB
Reporter : Robi Jalu
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu akan menyediakan layanan KB gratis, dari tanggal 10-20 September 2024.

Layanan KB gratis ini berupa pembagian pil, suntik, kondom, implan, dan IUD di seluruh fasilitas layanan kesehatan di Bengkulu. 

BACA JUGA:Keluarga Besar Kampret Elit dan Komunitas Lintas Ojol Dukung Helmi-Mian di Pilgub Bengkulu 2024

Hj. Dewi Dharma, M.Si., Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ( DP3AP2KB) Kota Bengkulu melalui Kepala Bidang (Kabid) Keluarga Berencana (KB)dan Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga (K3), Miliarti, SE menyampaikan, tahun ini mengusung tema 'Pelayanan Kontrasepsi Berkualitas untuk Indonesia Emas Tahun 2045.'

BACA JUGA:Rumah Warga Kelurahan Lingkar Barat Dibobol Maling, Uang Rp20 Juta Raib

"Dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia, BKKBN dan kami akan melakukan pelayanan KB gratis di seluruh fasyankes Kota Bengkulu," kata Miliarti, SE.

Tambah Miliarti, adapun bagi warga yang ingin mendapatkan pelayanan KB Gratis tersebut harus menyiapkan sejumlah persyaratan.

BACA JUGA:Pemkot Perkuat Layanan Kesehatan dengan Aktifkan Posyandu di Kota Bengkulu

"Untuk syarat pelayanan KB gratis yaitu membawa fotocopy KTP dan Kartu BPJS," tambahnya.

Diketahui sebelumnya, sejauh ini Pemkot Bengkulu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Bengkulu telah menyalurkan sebanyak 9.789 alat kontrasepsi (Alkon).

BACA JUGA:Erwin Octavian Minta Simpatisan Fokus dan Jangan Terprovokasi Aksi Perusakan 112 Baliho Erjon

Sebanyak 2.789 alat kontrasepsi yang disalurkan tersebut terdiri dari jenis 250 Intrauterine Device (IUD) alat kontrasepsi dalam rahim, 122 kotak kondom, 1.940 suntik, 7.200 butir jenis pil, serta 277 implan.

"Untuk memastikan kesejahteraan masyarakat bisa terkendali maka memang kita bekerjasama dengan mitra DP3AP2KB Kota Bengkulu untuk menyalurkan alat kontrasepsi," kata Kepala DP3AP2KB Kota Bengkulu Dewi Dharma saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

(Jalu) 

Kategori :