1.530 Warga Bengkulu Bekerja ke Luar Negeri, Ini Negara Tujuannya

Kamis 12-09-2024,18:59 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu mendata ada sebanyak 1.530 warga Provinsi Bengkulu bekerja di luar negera dengan berbagai dengan negara tujuan.

"Berdasarkan yang kami data ada 1.530 warga Provinsi Bengkulu bekerja keluar negeri," ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Syarifuddin setelah pembukaan acara job fair 2024 di Bencoolen Mall, Kamis 12 September 2024.

BACA JUGA:Perekaman e-KTP di Kota Bengkulu Sudah Mencapai 99,6 Persen

Pekerja dari Provinsi Bengkulu tersebar ke beberapa negara dengan negara tujuan utama seperti ke Negara Jepang, Jerman, Arab Saudi, Tiongkok, Korea Selatan, Thailand dan lainnya. 

Pada tahun 2024 ini saja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu memberangkatkan warga Bengkulu bekerja ke Jerman sebanyak 21 orang, lalu ke negara Jepang 18 orang.

BACA JUGA:Diduga Hendak Transaksi Sabu, Pemuda Seluma Diamankan Polisi

Sementara sebagainya calon pekerja luar negeri juga sedang mengikuti proses pembelajaran bahasa.

"Saat ada yang masih proses belajar bahasa tujuan. Mudah-mudahan mereka bisa lolos dan memenuhi persyaratan," ujar Syarif.

BACA JUGA:Wilayah Bengkulu Masuk Masa Peralihan Musim Kemarau ke Hujan

Lebih lanjut, Syarif mengatakan, beberapa waktu lalu pemerintah Provinsi Bengkulu melaksanakan job fair berkerjasama dengan Poltekkes Kemenkes Bengkulu untuk memenuhi tenaga kesehatan di lima negara.

Tenaga kesehatan dibutuhkan formasi perawat lansia dan perawat rumah sakit.

BACA JUGA:4 Titik Lahan di Kaur Terdampak Kebakaran Sepanjang Agustus 2024

"Seminggu yang lalu kita job fair khusus mencari tenaga kesehatan yang mau berkerja keluar negeri. Ada beberapa negara yang butuh perawat lansia dan rumah sakit," sampainya.

(Ilham) 

Kategori :