Gratis Biaya Lapak, Pedagang Kaki Lima Akan Direlokasi ke PTM dan Pasar Minggu

Jumat 13-09-2024,17:13 WIB
Reporter : Robi Jalu
Editor : Ria Sofyan

BENGKULU, BETVNEWS - Kepala Dinas Perindag Kota Bengkulu Bujang HR mengatakan bahwa Pemkot menggratiskan biaya sewa kios untuk para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Pasar Tradisional Modern (PTM). 

Langkah ini diambil selain untuk penataan agar tidak adanya PKL yang berjualan di bahu jalan sehingga menimbulkan kesemerawutan dan sebagai bentuk respon terhadap kebutuhan para PKL selama ini.

"Kemarin (Kamis, red) kita sudah beberapa kali rapat dengan pihak PTM dan Mega Mall, untuk penataan PKL yang ada di bahu jalan KZ Abidin I, lalu PKL di  jalan yang masuk dari arah Pengadilan Agama dan Kemenag, dan hasil rapat para PKL tersebut akan kita tampung di dalam PTM dan di Pasar Minggu bagian dalam. Dan mereka digratiskan untuk sewa kios lapak dan hanya dikenakan biaya lampu," kata Bujang HR, Jumat 13 September 2024.

Tambah Bujang, pemkot juga melakukan relokasi dan penataan PKL berdasarkan komoditas produk atau daganganya, dengan tujuan untuk memudahkan pembeli dan meningkatakan penjualan.

BACA JUGA:Waspada Cacar Monyet, Bengkulu Tingkatkan Pengawasan Pintu Masuk Pelabuhan hingga Bandara

BACA JUGA:7 Tanda Kulit Kekurangan Kolagen, Salah Satunya Wajah Menjadi Kusam, Pernah Mengalami?

"Direlokasi berdasarkan jenis produk  dagannya, di dalam PTM untuk pedagang ikan dan daging di Pasar Minggu bagian dalam untuk pedagang sayur-sayuran," tambahnya.

Lanjut Bujang, untuk persyaratan bagi PKL yang ingin mendapatkan kios gratis tidak ada syarat khusus, hanya diminta berkomitmen untuk berjualan di dalam PTM dan jangan sampai kembali berjualan di luar.

BACA JUGA:Usulan Sudah Disampaikan, Kuota Replanting Sawit untuk Seluma Belum Ada Kejelasan

BACA JUGA:Warga Terdampak TWA Pantai Panjang Bengkulu Kawasan Pringgading Dibebaskan, Ini Alasannya

Diharapkan juga dengan kebijakan ini nantinya bisa membantu meningkatkan penghasilan para PKL.

Pemkot pun mengimbau pedagang agar segera memanfaatkan kesempatan ini, karena jumlah kios terbatas.

BACA JUGA:Jembatan Desa Simpang Putus Tak Kunjung Dibangun, Begini Respon Bupati Erwin

BACA JUGA:Mengandung Kolagen Tinggi, Ini 7 Daftar Makanan yang Wajib Kamu Konsumsi Agar Kulit Awet Muda

"Saat ini kami melihat para PKL sudah ada yang masuk ke dalam PTM dan ada yang tidak. Sehingga kami akan berkoordinasi lagi dengan pihak satpol PP dan PTM, sehingga semua PKL nantinya akan masuk ditempat yang telah disediakan," sambungnya.

Kategori :