Pendaftaran Pengawas TPS Pilkada 2024 Diperpanjang, Kecuali Mukomuko

Senin 30-09-2024,19:12 WIB
Reporter : Kristiani Putri Tauran
Editor : Ria Sofyan

BENGKULU, BETVNEWS - Perekrutan yang telah dimulai sejak tanggal 12 September dan dijadwalkan berakhir pada 28  September 2024, kini diperpanjang dari tanggal 1 Oktober hingga tanggal 10 Oktober 2024.

Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, Debisi Ilhodi mengatakan, seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Bengkulu melaksanakan  perpanjangan pendaftaran Pengawas TPS kecuali Kabupaten Mukomuko.

"Jadi perpanjangan pendaftaran ini memang kita laksanakan sesuai dengan petunjuk teknis yang telah di tetapkan, dari semua Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Bengkulu hanya Kabupaten Mukomuko yang tidak melakukan perpanjangan perekrutan," kata Debi, Senin 30 September 2024.

BACA JUGA:Tak Ada Lonjakan Perpindahan Penduduk di Kota Bengkulu Jelang Pilkada Serentak 2024

BACA JUGA:KPU Kota Bengkulu Minta Warga Baru Segera Lengkapi Dokumen Pemilihan

Lebih lanjut Debi menjelaskan, perpanjangan ini dilakukan lantaran jumlah pendaftar tidak mencukupi persyaratan yang telah ditetapkan, serta belum terpenuhinya keterwakilan pendaftar perempuan.

"Penyebab dari perpanjangan ini ada beberapa hal, memang di TPS itu harus 2 kali kebutuhan ini sesuai dengan juknis yang telah di tetapkan, dan ada juga dikarenakan  pendaftar perempuan belum memenuhi kuota, karena  wajib ada perwakilan perempuan," tambahnya.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Bantah Tudingan Pungli di Sekolah, Kadis Dikbud: Itu Fitnah

BACA JUGA:Dikbud Kota Bengkulu Imbau Pelajar Tidak Keluar dan Kumpul Malam Hari

Dengan perpanjangan waktu hingga 10 Oktober 2024 ini, pihaknya berharap jumlah pendaftar dapat segera memenuhi kuota, baik dari segi jumlah maupun dari aspek representasi gender.

"Kita berharap dengan perpanjangan waktu pendaftaran ini masyarakat dapat memanfaatkan agar kuota yang telah di tetapkan dapat terpenuhi, khusunya bagi kaum perempuan agar berminat untuk ikut dalam perekrutan ini," tutupnya.

BACA JUGA:Bawang Goreng Dapat Mengurangi Peradangan, Intip Manfaat Berikutnya di Sini

BACA JUGA:Optimalkan PAD, Pemkot Bengkulu Segera Luncurkan Aplikasi Bayar Pajak 'Si Padek'

Untuk diketahui, saat ini total pendaftar PTPS sebanyak 6.308 yang terdiri dari 3.078 pendaftar laki-laki dan 3.230 pendaftar perempuan, dengan jumlah TPS sebaayak 3.452

Kategori :