Dinkes Seluma Segera Terima Bantuan 19 Unit Ambulans Roda Dua

Minggu 13-10-2024,15:00 WIB
Reporter : Julyan Pabella
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma akan menerima sebanyak 19 unit bantuan motor ambulans atau kendaraan operasional roda dua yang dilengkapi oleh box penyimpan obat-obatan dan juga alat kesehatan (Alkes). 

"Ada sebanyak 19 unit motor nantinya yang akan kita terima. Istilahnya itu ambulance roda dua. Jenis sepeda motor yang dilengkapi oleh box penyimpanan obat-obatan dan alkes," sampai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawaludin, Minggu 13 Oktober 2024.

BACA JUGA:Hingga Oktober 2024, Realisasi PAD Pasar di Kota Bengkulu Masih Jauh dari Target

Sebelumnya, kata Kadis, Dinkes Seluma mengusulkan 22 unit motor sesuai dengan jumlah Puskesmas yang ada di Kabupaten Seluma. Namun, hanya 19 unit yang diakomodir. 

"Kendaraan ini bukan untuk Kepala Puskesmas, melainkan untuk petugas dan operasional pelayanan kesehatan di Puskesmas. Dari 22 unit yang kita usulkan, hanya 19 Puskesmas yang direalisasikan," kata Kepala Dinas Kesehatan Seluma Rudy Syawaludin. 

BACA JUGA:Arah Dukungan Agusrin Najamudin dan Keluarga di Pilgub Bengkulu 2024

Saat ini 19 unit kendaraan operasional Puskesmas keliling roda dua ini masih dalam pengadaan pihak ketiga.

Rencananya pembagian kendaraan operasional tambahan ini akan dibagikan pada saat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), yakni pada Selasa, 12 November 2024 mendatang. 

BACA JUGA:Deklarasi Ratusan Pemuda yang Tergabung dalam Barisan Muda Romer: Bersama BMR, Romer Semakin Kuat

"Insya Allah, kita akan bagikan tepat pada Hari Kesehatan Nasional," ujarnya. 

Adapun anggaran yang dikucurkan didapat melalui anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah RI sebesar Rp 990 juta rupiah. Dengan rincian per unit motor kurang lebih Rp45 juta rupiah. 

BACA JUGA:Pokja Kota Bengkulu Turunkan 800 Relawan, Siap Menangkan Rohidin-Meriani

Sebagai informasi, sebelumnya Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma sebelumnya juga telah menerima sebanyak empat mobil ambulance dari Kementerian Kesehatan RI. 

Kendaraan ambulance tersebut diberikan Kementerian Kesehatan untuk membantu Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang berada di daerah terpencil atau pelosok.

(Jul) 

Kategori :