Kenali Penyebab Bau Badan pada Tubuh, Sekaligus Cara Mengatasinya Agar Tidak Timbul Kembali

Jumat 18-10-2024,15:43 WIB
Reporter : Rizki Indah
Editor : Ria Sofyan

BACA JUGA:Kenali 5 Dampak Kelebihan Protein Ini Bagi Tubuh, Bisa Bebani Kerja Ginjal

Makanan yang mengandung cabai atau bumbu pedas dapat meningkatkan suhu tubuh dan produksi keringat, sehingga meningkatkan risiko bau badan.

Selain itu, mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar juga dapat mempengaruhi bau tubuh. Adapun beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi daging merah dalam jumlah besar bisa menyebabkan bau keringat lebih tajam dibandingkan mereka yang mengonsumsi lebih banyak sayuran.

BACA JUGA:Nyegerin Tenggorokan, Ini 5 Resep Minuman Segar dari Jeruk Lemon

BACA JUGA:Waspadai Potensi Kecurangan Penyebaran Undangan Memilih Jelang Pemilihan

3. Hormon

Perubahan hormon, terutama selama masa pubertas, kehamilan, dan menopause, dapat memicu produksi keringat yang lebih banyak dan membuat bau badan lebih kuat.

Misalnya, pada masa pubertas, kelenjar apokrin mulai aktif, sehingga remaja sering mengalami bau badan yang lebih tajam.

BACA JUGA:10 OPD Pemkab Bengkulu Tengah Diminta Segera Tuntaskan Pengembalian TGR

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tau! Ini 4 Cara Bikin Wajah Mulus Pakai Jeruk Lemon, Cek di Sini

4. Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis bisa menyebabkan bau badan yang tidak normal. Inilah beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan bau badan.

  • Diabetes

Penderita diabetes yang tidak terkontrol bisa mengalami kondisi yang disebut ketoasidosis, di mana tubuh menghasilkan senyawa keton yang bisa menyebabkan bau seperti aseton atau buah busuk.

  • Gangguan metabolisme

Penyakit metabolisme seperti trimetilaminuria (sindrom bau ikan) membuat tubuh tidak bisa memecah senyawa tertentu, menghasilkan bau badan yang sangat kuat.

  • Gangguan ginjal atau hati

Ketika organ-organ ini tidak berfungsi dengan baik, tubuh mungkin tidak dapat membuang racun secara efektif, yang dapat menyebabkan bau badan yang tidak biasa.

  • Hiperhidrosis:

Kondisi di mana tubuh memproduksi keringat berlebihan tanpa alasan yang jelas, yang dapat memperburuk bau badan.

Kategori :