Siap Tapaki Era Baru, Prabowo-Gibran Resmi Menjabat Usai Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024

Minggu 20-10-2024,14:03 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BACA JUGA:Minggu Pagi, Sukatno Bersama Warga Cempaka Permai Gotong Royong dan Bahas Gagasan Daur Ulang Sampah

Prosesi pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ini dimulai dengan dikumandangkannya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya di Gedung DPR/MPR. 

Setelah itu Ketua MPR Ahmad muzani membuka sidang dengan agenda pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih dan menyatakan jika 709 dari 731 anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) telah hadir dan sidang telah memenuhi kuota syarat yang diperlukan. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini 7 Tanda Kebotakan pada Rambut, Atasi Sebelum Terlambat

Ketua KPU Mochamad Afifuddin kemudian membacakan putusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait Pemilihan Presiden periode 2024-2029.

Dalam pembacaan keputusan, Afifuddin menyatakan Prabowo dan Gibran mendapatkan total 96.214.691 suara 58,59 persen dari total suara suarah sah nasional sehingga memenuhi sedikitnya 20 persen suara yang tersebar 38 provinsi.

BACA JUGA:Menyehatkan Mata dan Menguatkan Tulang, Ini 8 Manfaat Kulit Apel Bagi Kesehatan untuk Kamu Ketahui

Prabowo Subianto kemudian membacakan sumpah sebagai Presiden dan dilanjutkan oleh Gibran Rakabuming Raka yang membacakan sumpah sebagai Wakil Presiden RI. 

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Prabowo saat membacakan sumpahnya

BACA JUGA:Kenali 7 Penyebab Kebotakan pada Rambut Ini, Salah Satunya Stres

"Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Gibran Rakabuming Raka.

Melalui prosesi pelantikan tersebut, Prabowo secara resmi akan menjadi presiden ke-8 RI sementara Gibran akan menjadi wapres ke-14 RI.

BACA JUGA:Bawaslu Telusuri Dugaan Pelanggaran APK Paslon di Kota Bengkulu, Lokasi di TPU dan Kawasan Larangan

Usai pelantikan tersebut, Presiden Prabowo Subianto kemudian bertukar kursi dengan Presiden RI ke-7 Joko Widodo setelah mengucap sumpah jabatan. 

Setelah acara pelantikan selesai, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dan rombongan kemudian mbergerak menuju Istana Negara dan disambut oleh sejumlah masyarakat yang antusias menanti. 

Kategori :