Update PROGRAM BETV Terbaru

Ikuti terus update terbaru program betv beken dengan klik tombol dibawah ini.

Strategi Efektif Membangun Loyalitas Lewat Pengalaman Pelanggan Berkualitas

Strategi Efektif Membangun Loyalitas Lewat Pengalaman Pelanggan Berkualitas

Ilustrasi. Strategi Efektif Membangun Loyalitas Lewat Pengalaman Pelanggan Berkualitas--(Sumber Foto: Doc/BETV)

- Perubahan ekspektasi pelanggan modern

Teknologi saat ini banyak memanjakan pelanggan dan memberikan kemudahan akses informasi, hal tersebut kemudian memengaruhi ekspektasi pelanggan dalam menerima layanan. Bisnis yang memberikan layanan standar dan tidak efisien akan dianggap tidak mengikuti zaman. 

Pelanggan modern memiliki ekspektasi bahwa bisnis mampu memberikan respon yang cepat, proses yang mulus, serta pendekatan yang personal. Kabar baiknya, mereka memiliki gaya hidup dan preferensi yang spesifik, sehingga hal ini memudahkan bisnis dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang bermakna secara emosional. 

BACA JUGA:Tak Perlu Beli Mending Bikin Sendiri, Ini Dia Resep Siomay yang Lezat Cocok untuk Dicoba Dirumah

BACA JUGA:Menarik, Ini Self Healing yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Punya Waktu Me Time

- Hubungan antara kepuasan dan retensi

Bayangkan posisi kita sebagai pelanggan. Ketika kita merasa puas dengan pengalaman berbelanja, apakah kita akan ragu untuk terus menggunakan produk? Apakah akan ada kemungkinan untuk kita mencari alternatif lain, jika kita merasa nyaman dengan layanan berbelanja yang menyenangkan? Demikian lah retensi pelanggan yang tumbuh secara alami karena adanya rasa puas.

Sehingga dalam upaya mempertahankan pelanggan dan meningkatkan retensi, bisnis perlu mengingat poin-poin penting, bahwa:

  • Pelanggan yang merasa puas cenderung setia untuk menggunakan produk
  • Pelanggan yang loyal tidak ragu untuk merekomendasikan produk secara organik (word-of-mouth)
  • Retensi pelanggan yang tinggi akan mengurangi biaya pemasaran secara efisien
  • Pelanggan yang loyal memberikan kontribusi lifetime value yang lebih tinggi
  • Pelanggan menumbuhkan loyalitas karena adanya perasaan dihargai

BACA JUGA:5 Tips Hasilkan Saldo DANA Gratis dengan Mudah, Klik Linknya Disini!

BACA JUGA:Klaim 5 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Menjaga Kesehatan Mental

Aspek Utama dalam Pengalaman Pelanggan yang Berkualitas

Pengalaman pelanggan yang berkualitas tidak diciptakan karena kebetulan. Bisnis pastinya sudah mempertimbangkan aspek-aspek yang mampu membentuk interaksi yang lancar, menyenangkan, dan bermakna. Apa saja aspek tersebut?

- Komunikasi yang cepat dan personal

Dalam memberikan layanan pelanggan, komunikasi adalah kunci untuk menciptakan kedekatan dengan pelanggan. Melalui komunikasi, bisnis dapat memahami apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pelanggan. Komunikasi, terutama yang cepat dan terasa personal, akan memenuhi ekspektasi pelanggan atas respon instan yang ramah. 

Hal ini dapat diciptakan melalui beberapa praktik komunikasi, seperti: menyapa pelanggan dengan menyebut nama, proaktif mendengarkan kebutuhan pelanggan, serta terus melakukan follow-up hingga pelanggan menemukan titik terang.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber:

Berita Terkait