Irigasi Putus, 500 Hektar Sawah Jadi Kebun Sayur

Irigasi Putus, 500 Hektar Sawah Jadi Kebun Sayur

Kondisi sawah di Kecamatan Ujan Mas dan Kecamatan Merigi, yang kering akibat irigasi Putus beralih fungsi menjadi kebun sayur-sayuran, sejak dua tahun terakhir.--(Sumber Foto: Hendri/Betv).

KEPAHIANG, BETVNEWS - Lebih kurang 500 hektar sawah yang terletak di Kecamatan Ujan Mas dan Kecamatan Merigi, yang meliputi desa Cugung Lalang, desa Pulogeto Baru, desa Bumi Sari, dan desa Pulogeto Lama, beralih fungsi menjadi kebun sayur-sayuran.

Hal ini dikarenakan kawasan persawahan tersebut, tidak bisa maksimal lantaran kekurangan air, akibat irigasi induk putus yang terjadi sejak dua tahun terakhir.

BACA JUGA:Bahas Antrean BBM, Pemkab Segera Buat Aturan

Menurut Irawan Heriyadi salah satu petani setempat, akibat putusnya jaringan irigasi tersebut, yang biasanya para petani bisa menanam padi sebanyak tiga kali dalam satu tahun, namun untuk dua tahun terakhir ini hanya satu kali saja.

"Kondisi ini sudah terjadi dua tahun terakhir, para petani tidak bisa menanam padi lantaran kekurangan air, sehingga memanfaatkan lahan tersebut menjadi kebun sayur," ungkap Irawan Heriyadi, Kamis 15 September 2022.

BACA JUGA:KPU Rekrut Anggota PPK Kecamatan Oktober Mendatang

Hal yang sama juga disampaikan Ridwan merupakan petani setempat, bahwa pihaknya berharap irigasi tersebut untuk dapat segera diperbaiki.

Terlebih sektor persawahan tersebut memang mendukung kebutuhan pangan di Kepahiang, sehingga kondisi rusaknya irigasi tersebut, akan menurunkan produktivitas padi.

BACA JUGA:Akhir November, Ribuan Seragam Sekolah Gratis Dibagikan

Bahkan tidak sedikit, persawahan milik petani tersebut dibiarkan begitu saja. Karena memang kekurangan modal untuk beralih untuk menanam sayuran.

"Kami berharap ada solusi dari Pemerintah, sebab para petani dalam menanam padi bergantung pada irigasi tersebut," sampainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: