Regsosek, Wabup Minta Masyarakat Beri Data yang Akurat

Regsosek, Wabup Minta Masyarakat Beri Data yang Akurat

Petugas sensus yang mendatangi rumah dinas Wapub Kepahiang dalam rangka pelaksanaan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022, pada Rabu 19 Oktober 2022.--(Sumber Foto: Hendri/Betv)

KEPAHIANG, BETVNEWS - Dalam rangka pelaksanaan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022 (Regsosek), Badan Pusat Statistik Kabupaten Kepahiang mendatangi rumah dinas Wakil Bupati Zurdi Nata sebagai responden dalam kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut, petugas memberikan beberapa pertanyaan terkait  data diri atau profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang berhubungan dengan data induk kependudukan, serta basis data lainnya. 

BACA JUGA:Dipecat Kades, 4 Perangkat Desa Tebat Laut Menang Gugatan di PTUN Bengkulu

Keseluruhan data dan pertanyaan yang diajukan oleh petugas sensus tersebut dijawab dengan baik oleh Wakil Bupati.

“Pendataan awal Regsosek akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial, tetapi juga data sosial ekonomi keluarga yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan yang lebih terarah,” ungkap Wakil Bupati Zurdi Nata, Rabu 19 Oktober 2022.

Wakil Bupati mengimbau kepada masyarakat agar menyukseskan program nasional Regsosek 2022, dengan memberikan informasi yang jujur dan akurat kepada petugas sensus.

BACA JUGA:Sampan Diduga Milik Nelayan yang Hilang, Ditemukan di Kawasan Perairan Talo

Wabub mengatakan kegiatan Regsosek sebagai prasyarat utama reformasi sistem perlindungan sosial, serta transformasi data menuju Registrasi Sosial Ekonomi.

Hal tersebut sebagai upaya perubahan penyediaan data yang bersifat sektoral, menjadi data yang terintegrasi dan akurat.

“Regsosek ini penting sebagai bahan pemetaan pemerintah terkait dengan kondisi sosial masyarkat yang terintegrasi dalam satu data BPS. Sambut petugas sensus dengan baik, serta berikan jawaban yang akuran dan jujur,” imbaunya. 

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Kepahiang Arbi mengatakan, untuk pejabat di Kabupaten Kepahiang yang pertama kali dilakukan pendataan adalah Wakil Bupati. 

BACA JUGA:Data Dinkes Seluma, 14 Warga Kabupaten Seluma Terjangkit HIV

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengumpulkan data seluruh masyarakat Kabupaten Kepahiang, termasuk pejabat di Kabupaten Kepahiang. 

"Kegiatan ini dilakukan guna membantu pihak Kementerian untuk mengakses data masyarakat dalam menyukseskan program mereka, terutama program sosial dan ekonomi," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: