Untuk Apa Naturalisasi ?

Untuk Apa Naturalisasi ?

Kedua pemain Sepakbola keturunan Indonesia yang saat ini tengah dilakukan Naturalisasi oleh PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia di kancah Internasional.--(Sumber Foto: Radar Tasik/Disway.id)

OPINI, BETVNEWS - Sebelum membahas Naturalisasi lebih jauh mungkin kita perlu mengetahui apa itu naturalisasi. Dikutip dari kedutaan besar Indonesia, naturalisasi adalah tata cara bagi orang asing untuk memperoleh Kewarganegaraan Republik Indonesia melalui permohonan. Orang Asing adalah orang yang bukan Warga Negara Republik Indonesia.

Pada sepakbola Indonesia naturalisasi sudah menjadi hal yang biasa dilakukan, untuk meningkatkan prestasi Timnas secara singkat, terbaru ada nama Ivan Jenner yang memperkuat Jong Utrecht serta pemain U-21 Wolverhampton Wanderes Justin Hubner.

Sebenarnya apasih yang ingin dicapai oleh Timnas serta PSSI sebagai induk sepakbola Indonesia, menurut saya ada beberapa hal yang ingin dicapai oleh PSSI baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Sama hal nya dengan Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menjelaskan jika naturalisasi harus ditempatkan pada konteks yang tepat.

 BACA JUGA:Dikeroyok Hingga Babak Belur, Pemilik Warung Nasi di Lokalisasi Lapor Polisi

“Karena naturalisasi harus kita tempatkan pada konteks yang sesungguhnya, yaitu agenda yang sifatnya jangka pendek bukan sesuatu yang harus terus menerus dilakukan dalam rangka percepatan prestasi di dunia sepakbola kita,” ujar Huda.

Tujuan pertama, menuju Piala Dunia tahun 2026, karena Timnas Indonesia telah dipastikan tampil di Piala Asia Qatar yang rencananya akan diadakan pada januari tahun 2024. 

Harapan untuk tampil di Piala Dunia agaknya bukanlah hal yang tidak mungkin karena dengan naturalisasi yang berkualitas pemain-pemain ini bisa meningkatkan level permainan timnas Indonesia, setelah itu tampil reguler di turnamen paling bergengsi antar bangsa-bangsa itu serta menjuarai Piala Dunia untuk pertama kalinya di tahun 2044 yang akan menjadi kado spesial untuk HUT RI yang ke-100.

BACA JUGA:Miliki Ekstasi, Oknum Ajudan Waka Polres Rejang Lebong Diringkus

Kedua, memotivasi pemain lokal untuk terus mengasah skill serta meningkatkan ke level yang lebih tinggi untuk mendapatkan satu tempat di Timnas, dengan naturalisasi para pemain Eropa ini pemain muda Indonesia bisa terlecut semangatnya untuk bermain di kompetisi Eropa atau minimal bermain di kompetisi yang Liganya jauh lebih baik daripada Indonesia. 

Ketiga, transfer knowledge. Ini akan menjadi hal yang berguna untuk para pemain Indonesia mendapatkan pengalaman yang bagus karena bermain bersama pemain kelas Eropa. 

Tidak bisa dipungkiri kompetisi Eropa jauh lebih bagus mulai dari segi pembinaan, pengaturan kompetisi, jadwal, bahkan industri nya, karena itu kita butuh pengalaman pemain Eropa yang bisa di tularkan kepada pemain Indonesia. 

 BACA JUGA:3 Terdakwa Pengeroyokan Polisi Dituntut 1 Tahun 6 Bulan Penjara                                

Tentu saja bukan asal naturalisasi pemain yang diambil, hanya karena memiliki darah Indonesia saja atau cuma bermain di kompetisi Eropa yang Liganya memiliki koefisien rendah. 

Contohnya pemain naturalisasi untuk timnas senior, Sandy Walsh dan Jordi Amat, Sandy sendiri sekarang bermain di Liga Belgia dengan tim KV Mechelen, Liga Belgia sendiri memiliki nilai koefisisen yang bagus di Eropa serta memiliki satu wakil di UEFA Champions League yakni Club Brugge yang sedang memuncaki klasemen grup B liga Champions.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: