2 Bunga Raflesia Mekar Serentak di Lubuk Resam

2 Bunga Raflesia Mekar Serentak di Lubuk Resam

Penampakan Bunga Rafflesia Arnoldi yang sedang mekar di Desa Lubuk Resam Kecamatan Seluma Utara, Minggu 06 November 2022.--(Sumber Foto: Gupardi/Warga/Tim/Betv).

SELUMA, BETVNEWS - Bunga Rafflesia Arnoldi yang berada di hutan lindung desa Lubuk Resam Kabupaten Seluma, Minggu 06 November 2022 mekar dengan sempurna. Uniknya dua Bunga Rafflesia yang hanya berjarak 4 kilometer dari desa ini, mekar sekaligus dalam satu inang.

Gupardi selaku warga setempat mengatakan, bahwa bunga Rafflesia ini akan mekar selama 7 hari kedepan. Namun 1 bunga rafflesia tidak mekar dengan sempurna lantaran terjepit dengan inang bunga tersebut. 

BACA JUGA:BLT BBM Tahap 2 Cair November Ini, Masih Ada Kesempatan Daftar!

Bunga langka ini tumbuh dengan subur di hutan lindung di desa tersebut. Bahkan jumlah habitatnya cukup banyak sehingga bagi wisatawan yang ingin melihat langsung bunga Rafflesia, untuk dapat datang ke desa Lubuk Resam.

"Jika ingin melihat bunga raflesia untuk dapat langsung ke lokasi yang hanya berjarak 4 kilometer dari desa," kata Gupardi.

BACA JUGA:Jokowi Bakal Anugerahi 5 Tokoh dengan Gelar Pahlawan Nasional, Ini Datfarnya…

Sementara itu, Gupardi yang juga merupakan pelaku pembudidaya bunga langka ini mengatakan, bahwa selain dapat melihat bunga Rafflesia di area hutan lindung, wisatawan juga dapat melihat bunga Rafflesia hasil penangkaran di kebun miliknya yang jaraknya hanya 5 menit dari desa.

"Ini hasil penangkaran bunga Rafflesia yang saya tanam di kebun, sudah ada beberapa bongkol yang siap mekar dalam waktu dekat ini paling tidak satu bulan kedepan mekar dengan sempurna," tambah Gupardi.

BACA JUGA:Gerhana Bulan Total 8 November, Cek Infonya

Bunga Rafflesia yang dirinya tanam sejak 4 tahun lalu, telah memiliki 5 bongkol yang siap mekar. Bahkan Gupardi meyakini bunga langka ini dapat dikembangbiakkan, sehingga bunga ini tidak akan musnah jika pemerintah ikut andil dalam pelestarian bunga langka tersebut.

"Jika orang menilai bahwa bunga ini tidak dapat dikembang biakan, itu salah. Bunga mekar Rafflesia dapat ditanam dimanapun jika dilestarikan dengan baik pula," jelas Gupardi.

BACA JUGA:Transaksi Ganja, Warga Sumur Dewa Diringkus

Menurut Gupardi, bahwa bunga Rafflesia ini merupakan icon Bengkulu yang patut dilestarikan dan dikembang biakan. Sehingga wisatawan yang ingin melihat icon Bengkulu, seharusnya tidak perlu lagi pergi jauh ke dalam hutan hanya untuk melihat bunga raflesia.

"Kita bisa tanam bunga raflesia dekat dengan area pusat kota, dan ini perlu ada pengembang biakan secara khusus oleh pemerintah," tutup Gupardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: