KTT G20 Bali, Puncak Presidensi G20 Indonesia

KTT G20 Bali, Puncak Presidensi G20 Indonesia

Logo G20 Indonesia. --(Sumber Foto: ekonomi.bisnis.com)

BETVNEWS - KTT G20 (Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty) merupakan forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan 20 negara maju dengan perekonomian besar dunia, terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. 

Pada tahun 2022 ini, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah KTT G20 ke-17 yang akan diselenggarakan di Bali pada 15-16 November 2022.

BACA JUGA:Depresi Akibat Penyakit Menahun, Pelajar di Kaur Nekat Akhiri Hidup

Pertemuan ini menghadirkan tokoh-tokoh penting seperti Vladimir Putin, Elon Musk, Joe Biden, Xi Jin Ping, serta seluruh Kepala Pemerintahan/Negara anggota G20. Terdapat kurang lebih 12.750 delegasi G20 akan hadir, mulai dari delegasi tinggi hingga para jurnalis dari berbagai negara. 

Dengan tema “Pulih Bersama dan Lebih Kuat” atau “Recover Together Recover Stronger”, konferensi ini akan membahas dua arus isu utama.

BACA JUGA:Edarkan Ganja, Polisi Ringkus Driver Online

Pertama, isu terkait ekonomi dan keuangan. G20 berupaya membantu dunia untuk pulih bersama, serta mendorong reformasi di bidang finansial.

Kedua, yaitu isu Sherpa. Dalam jalur Sherpa, akan membahas bidang-bidang yang lebih luas di luar isu keuangan, diantaranya yaitu geopolitik, pembangunan, perdagangan, anti korupsi, hingga kesetaraan gender. 

BACA JUGA:Rekrutmen PPK dan PPS Pemilu 2024, Begini Syarat dan Cara Daftarnya..

Konferensi ini merupakan puncak usaha dari seluruh alur kerja G20 selama setahun Indonesia memegang Presidensi G20. Hal tersebut tentu saja menjadi momen penting yang akan berpengaruh besar bagi nama baik Indonesia. 

KTT G20 Bali merupakan pembuktian status Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian besar dunia. Selain itu, konferensi ini juga menjadi kesempatan menunjukkan kepemimpinan Indonesia di kancah internasional, membuktikan Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara maju. 

BACA JUGA:Inspektorat Bengkulu Tengah Audit 6 Laporan Masyarakat

Adapun negara-negara anggota KTT G20 yaitu, Afrika Selatan, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Amerika Serikat, Arab Saudi, Meksiko, Argentina, Australia, Prancis, Republik Korea, Brazil, Cina, Rusia, Turki, India, Inggris, Uni Eropa, dan Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: