Waspada Cuaca Buruk, BMKG Minta 8 Provinsi Siaga Bencana, Bengkulu Termasuk!

Waspada Cuaca Buruk, BMKG Minta 8 Provinsi Siaga Bencana, Bengkulu Termasuk!

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Disway.id)

BETVNEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini 'Siaga' bencana hidrometeorologi kepada delapan provinsi di Indonesia sejak sepekan kemarin. 

Delapan provinsi tersebut yaitu Sumatera Utara, Bengkulu, Aceh, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta serta Jawa Timur.

BACA JUGA:Sejumlah Wilayah Indonesia Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem hingga Sepekan ke Depan, Ini Faktornya

Hal tersebut lantaran hujat lebat yang mengguyur sejumlah wilayah Indonesia, sehingga BMKG menetapkan status siaga bencana terhadap beberapa wilayah di Indonesia pada Minggu 13 November 2022 hingga hari ini, Senin 14 November 2022.

Kedelapan provinsi tersebut diminta agar selalu waspada terhadap bencana hidrometeorologi yang kemungkinan akan terjadi selama periode tersebut. 

BACA JUGA:Waspada Cuaca Buruk, di Bengkulu Pohon Tumbang Timpa Mobil

Adapun bencana hidrometeorologi meliputi antara lain banjir, banjir bandang, dan tanah longsor, serta curah hujan ekstrem juga termasuk di dalamnya.

Sementara, BMKG menyebutkan cuaca buruk terjadi lantaran adanya dinamika atmosfer yang menunjukkan adanya sirkulasi siklonik di Samudra Hindia barat Sumatera dan di Laut Natuna yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin.

BACA JUGA:Cek Status PPPK Tenaga Kesehatan, Begini Caranya...

Daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) tersebut terbentuk memanjang di Laut Andaman hingga Pesisir Utara Aceh, di Kalimantan Selatan hingga Pesisir Utara Jawa, di Laut Sulawesi hingga Selat Makassar, di Papua hingga Laut Arafuru bagian Utara, serta di Perairan Utara Papua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: