Unggul Tipis, Timnas Indonesia Taklukkan Kamboja 2-1 di Piala AFF 2022

Unggul Tipis, Timnas Indonesia Taklukkan Kamboja 2-1 di Piala AFF 2022

Pemain Timnas Indonesia, yang akan menantang Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat 6 Januari 2023.--(Sumber Foto: PSSI/Twitter)

BETVNEWS- Timnas Indonesia memulai kiprahnya di Piala AFF 2022 dengan kemenangan tipis atas Kamboja. 

Skuad Garuda mengalahkan timnas Kamboja 2-1 pada laga Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat sore 23 Desember 2022.

BACA JUGA:Kilas Balik 2022: Daftar 12 Bencana Alam di Indonesia Sepanjang Tahun

Meski tampil di bawah standar dan hanya menang tipis, Timnas Indonesia tetap patut diapresiasi setelah mengawali perjalanan Piala AFF 2022 dengan kemenangan.

Dengan kemenangan tersebut, timnas Indonesia kini mengoleksi 3 poin di Grup A, sama dengan Kamboja yang sudah dua kali bermain dan Thailand yang baru satu kali bermain.

Di SUGBK, timnas Indonesia gencar menekan lawan sejak menit awal. Skuad Garuda bahkan sempat mencetak gol di menit kedua melalui Egy Maulana Vikri, namun dianulir wasit karena offside.

BACA JUGA:PT. Batanghari Bengkulu Pratama Berhenti Beroperasi, Ini Penyebabnya

Terus menyerang, tim besutan pelatih Shin Tae-yong itu akhirnya mencetak gol pertama di menit ketujuh lewat sepakan Eggy. Egy mencetak gol lewat tendangan kaki kiri usai menerima umpan silang dari Pratama Arhan dari sisi kiri. 

Tujuh menit berselang, giliran Witan Sulaeman yang memulai. Namun, bola membentur tiang gawang. Kiper Indonesia Nadeo Argawinata sukses melakukan penyelamatan atas upaya Sien Chanthea dari Kamboja pada menit ke-15. 

Tak sampai beberapa detik kemudian, Kamboja mampu menyamakan skor lewat sundulan Saret Krya. Kejutan dari Kamboja memaksa timnas Indonesia bermain lebih keras. 

BACA JUGA:Bupati Mukomuko Lantik Penjabat Sekda, Ini Sosok yang Dipercaya Emban Amanah

Mengandalkan pergerakan bola dari sayap, Timnas Indonesia kembali sukses merebut keunggulan usai Witan Sulaeman menjebol gawang Kamboja dengan kaki kiri pada menit ke-35.

Tak ada gol lain yang tercipta setelah usaha Witan. Serangan balik Kamboja terbaca dengan baik oleh pertahanan Indonesia yang diperkuat bek tengah debutan Jordi Amat. Jordi baru dinaturalisasi sebagai WNI pada November 2022.

Indonesia pun memimpin babak pertama dengan skor 2-1. Memasuki babak kedua, timnas Indonesia tak mengendurkan serangan meski sudah lebih unggul.

BACA JUGA:Kota Bengkulu Raih Penghargaan Kota Terinovatif di IGA 2022

Witan mendapat peluang emas pada menit ke-49. Sayang, sepakan winger Slovakia, AS Trencin, masih melebar di sisi kiri gawang Kamboja.

Pada menit ke-57, Kamboja mendapat peluang melalui Sa Ty. Berawal dari umpan terobosan, sepakan Sa Ty masih bisa diblok bek Indonesia. Memasuki menit ke-65, skor masih bertahan 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Di sisa waktu pertandingan, Indonesia terus mencari gol tambahan. Mendapat sejumlah peluang bagus lewat Witan dan dua pemain pengganti; Saddil Ramdani dan Ilija Spasojevic, skuat Garuda gagal mencetak gol ketiganya.

Pasukan Shin Tae-yong mengamankan kemenangan 2-1 pada laga perdananya di Piala AFF 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: