Seni dan Budaya Kepahiang di Inventaris

Seni dan Budaya Kepahiang di Inventaris

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang, Nining Fawely Pasju.--(Sumber Foto: Hendri/Betv)

KEPAHIANG, BETVNEWS - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten KEPAHIANG akan melakukan inventarisasi kesenian dan kebudayaan daerah. Hal ini sebagai tindaklanjut atas keluhan seniman pinggiran Muhammad Hilal beberapa waktu lalu, yang meminta dukungan pemerintah terhadap prestasi-prestasi yang telah dicapai, dan mengharumkan nama baik daerah.

BACA JUGA:Diduga Alami Penganiayaan, Petugas Satpol PP Damkar BS Lapor Polisi

Dijelaskan oleh Nining Fawely Pasju, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabuptaten Kepahiang, bahwa saat ini Bidang Kebudayan sudah melakukan kordinasi terkait penataan kebudayaan yang ada. Diantaranya Umung Kutei, Saparan dan Sedekah Bumi serta berbagai kesenian tari tradisional yaitu Kuda Kepang, hingga Seni Ukir atau Seni Pahat.

"Pada dasarnya wajar kita memberikan dukungan, baik secara material ataupun penghargaan, namun kondisi Kabupaten Kepahiang yang berapa tahun ini tidak dalam kondisi baik, sehingga yang dapat di akomodir saat ini yaitu melakukan inventaris," ujarnya, Senin 26 Desember 2022.

BACA JUGA:Tahun Baru Harus Hemat, Ini Rekomendasi Acara Agar Tidak Boros

Ia juga menegaskan, dalam rangka mengembangkan seni dan budaya, setelah di invetaris akan di masukkan ke dalam data untuk aset terkait kesenian dan kebudayaan daerah yang berasal dari Kabupaten Kepahiang. 

"Pada dasarnya Kabupaten Kepahiang memiliki sanggar seni serta kebudayaan yang jumlahnya banyak, sehingga perlu kita kembangkan dan promosikan ke tengah masyarakat luas."tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: