Ini Kandidat Capres Terkuat Menurut Survei SMRC

Ini Kandidat Capres Terkuat Menurut Survei SMRC

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Disway.id)

BETVNEWS- Gegap gempita pemilihan presiden 2024 sudah mulai terasa. Satu per satu nama kandidat bakal calon presiden mulai muncul di permukaan.

Banyak lembaga survei yang melakukan penelitian mengenai kandidat-kandidat yang berpotensi maju dalam pemilihan presiden 2024 mendatang. Salah satunya yakni Lembaga survei Saiful Mujani Research Center (SMRC). 

BACA JUGA:Aksi Penipuan Catut Nama Gubernur Bengkulu, Ini Penjelasan Juru Bicara Sahabat Rohidin

Lembaga survei SMRC merilis temuan terbaru terkait keterpilihan calon presiden (capres) jika pemilihan umum (pilkada) digelar saat ini.

Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati urutan pertama. Sedangkan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyalip Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di posisi kedua.

Sebelumnya, dalam survei SMRC telah dilakukan dengan wawancara tatap muka pada 3-11 Desember 2022.

BACA JUGA:Klasemen Piala AFF 2022 Grup A: Indonesia Digeser Thailand ke Posisi 2

Total sampel responden yang diwawancarai secara valid berjumlah 1.029 orang. Margin of error survei diperkirakan sekitar 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Direktur Riset SMRC Deni Irvani menjelaskan, SMRC melakukan simulasi capres semi terbuka dengan memberikan 45 nama kepada responden.

Tiga nama teratas yang unggul sebagai capres tetap sama, yakni Ganjar, Prabowo, dan Anies. Hanya saja, Anies kini lebih unggul dari Prabowo.

"Elektabilitas Ganjar Pranowo 26,5 persen, tertinggi dari tokoh lainnya. Posisi kedua ditempati Anies Baswedan 18,6 persen. Kemudian Prabowo Subianto 16,8 persen. Di urutan keempat selisihnya cukup jauh dengan Prabowo yaitu Ridwan Kamil 6 persen," kata Deni dilansir dari YouTube SMRC, Rabu 21 Desember 2022.

BACA JUGA:Info Terkini!!! Malam Pergantian Tahun Diprediksi akan Turun Hujan

Deni menjelaskan, di bawah Ridwan Kamil yang berada di peringkat 4, elektabilitas tokoh lain sebagai calon presiden tidak terlalu signifikan, hanya di bawah 2 persen.

Dia menyebut hanya Ganjar, Anies, dan Prabowo yang memiliki elektabilitas paling kompetitif untuk menjadi capres.

"Jika dibandingkan jaraknya, selisih antara Ganjar dan Anies sekitar 8 persen. Artinya signifikan. Kami yakin Ganjar dalam survei bulan Desember memiliki elektabilitas tertinggi. Karena Anies dan Prabowo cukup dekat, sekitar 1,8 persen, belum bisa disimpulkan mana yang lebih baik," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: