Jangan Lengah, Ini Tips Aman Bermain Kembang Api saat Tahun Baru

Jangan Lengah, Ini Tips Aman Bermain Kembang Api saat Tahun Baru

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: nusabali.com)

BETVNEWS- Pihak kepolisian telah melarang penggunaan petasan dalam perayaan tahun baru 2023.Namun, penggunaan kembang api masih diperbolehkan selama mengikuti standar keamanan. 

Tidak dapat dipungkiri, perayaan malam Tahun Baru selalu identik dengan pesta kembang api. Meskipun diperbolehkan, namun penggunaan kembang api harus tetap dilakukan dengan berhati-hati. Pasalnya, bermain kembang api tetap dapat mengancam keselamatan.

BACA JUGA:Warga Kota Bengkulu.. Jadwal Pendaftaran PPS Diperpanjang, Yuk Cek Disini

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan agar perayaan Tahun Baru berlangsung meriah dan tetap aman.

1. Perhatikan petunjuk penggunaan

Kembang api melibatkan elemen api dalam penggunaannya, dan memiliki petunjuk penggunaan yang harus diperhatikan. Meskipun mungkin banyak yang jarang membaca petunjuk ini, pastikan kamu membacanya secara keseluruhan untuk mengetahui cara kerjanya serta risiko dan peringatannya.

2. Pastikan didampingi orang dewasa saat bermain kembang api

Bermain kembang api memiliki resiko yang cukup tinggi, maka dari itu jangan biarkan anak bermain kembang api sendirian. Selalu dampingi dan awasi sebagai tindakan pencegahan.

BACA JUGA:Hantam Belakang Fuso, Pelajar ini Meninggal Dunia

3. Jangan bermain sambil berlarian

Kembali lagi mengenai resiko yang mungkin terjadi, pastikan bermain kembang api dalam kondisi stabil, tidak berlarian, atau melakukan aktivitas lainnya.

4. Nyalakan di tempat terbuka dan jauhkan dari benda yang mudah terbakar

Sesuai namanya, kembang api menciptakan percikan api. Maka dari itu, sangat disarankan untuk bermain di tempat terbuka dan jauh dari benda yang mudah terbakar.

BACA JUGA:Ternyata Ini Sejarah Kembang Api dalam Perayaan Tahun Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: