Asah Otak Anak dengan 5 Jenis Game Ini di Rumah, Ternyata Bisa Bikin Cerdas

Asah Otak Anak dengan 5 Jenis Game Ini di Rumah, Ternyata Bisa Bikin Cerdas

Memahami dan mengasah otak melalui game ternyata punya sisi positifnya.--(Sumber Foto: morinagaplatinum.com)

BETVNEWS - Ada banyak hal yang dapat dilakukan selain rutinitas olahraga dan mengonsumsi sejenis makanan sehat, dengan cara bermain game atau permainan.

Sebagai mana pertumbuhan yang terus berjalan dengan memainkan game ini, dapat membantu menambah peningkatan daya ingat serta konsentrasi, terlebih untuk kesehatan otak.

BACA JUGA:Setahun Tersangka, Pelaku Utama Penipuan Arisan dan Investasi Bodong Tak Ditahan Polisi

 

Memang benar tidak selalu game dapat memberikan dampak yang selalu positif, jauh dari hal yang dapat berdampak tidak baik, permainan ini sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Tentu banyak yang merasa bosen ketika tidak dapat melakukan aktivitas yang mendukung, berikut ini yang dapat diinformasikan untuk kamu yang mencari hal baru untuk dilakukan.

BACA JUGA:Kinerja Pj Bupati Bengkulu Tengah Dinilai Kurang Maksimal

Melalui laman hellosehat.com, banyak manfaat yang dapat kamu ambi dari bermain games tentu masih dalam porsi yang positif.

Dikutip dari American Psychological Association dengan bermain games, hal ini termasuk video di mana kegiatan tersebut membantu dalam peningkatan perkembangan pembelajaran, baik kesehatan hingga keterampilan sosial nak-anak.

Permainan ini juga dapat membantu untuk menghilangkan stres maupun depresi, tidak hanya dapat dilakukan oleh anak-anak saja.

Kemudian dapat mengurangi antisosial hingga dapat menjalin hubungan baik dengan pasangan pada orang dewasa.

Studi pada jurnal PloS One mengatakan bahwa dengan bermain games tertentu dapat meningkatkan fungsi eksekutif, memori, serta kecepatan memproses suatu informasi pada otak anak muda.

Hal ini menyatakan ada manfaat positif yang diterima ketika bermain game, mekipun masih kontroversial sampai sekarang.

Berbagai jenis permainan atau games ini sudah banyak ditemukan, bahkan tidak hanya dari kalangan anak muda saja, anak-anak hingga orang dewasa pun ikut menikmati games tertentu.

Berikut ini adalah games permainan yang dapat mengasah otak, wajib kamu coba:

1. Sudoku

Permainan ini merupakan games teka-teki basis logika, dengan mengandalkan memori jangka pendek.

Games Sudoku berasal dari Jepang, di mana dalam permainan tersebut disediakan kotak 9x9 dan sudah ada beberapa angka sebagai petunjuk.

Permainan ini menawarkan kamu untuk mengisi bagian yang kosong dengan angka yang tidak sama pada satu baris, kolom, atau satu kotak bagian 3x3 ditandai garis tebal dan dimainkan dengan cara yang sama pada level lanjutannya.

BACA JUGA:Awas!!! Jalur ke Putri Hijau ini Rawan Longsor, Ini Lokasinya

Games ini membantu dalam mengasah otak agar dapat lebih tajam, selain itu berdasarkan penelitian yang ada orang yng sudah dewasa di atas 50 tahun yang memainkan permainan ini akan memiliki fungsi otak lebih baik, berdasarkan penelitian yang ada

2. Teka-teki silang

Selain Soduku ada juga permainan teka-teki silang yang dapat kamu coba.

Permainan TTS ini sering ditemukan di media koran, majalah, buku khusus TTS, bahkan saat ini kamu dapat temukan di ponsel secara gratis.

Permainan ini termasuk dalam game klasik untuk mengasah otak secara verbal dan tentu dapat menambah daya ingat atau pengetahuan.

BACA JUGA:Bengkulu Selatan akan Bangun Pabrik CPO Mini, Cek Disini Lokasinya

Ada penelitian yang sama dengan sudoku mengatakan, bahwa orang yang memainkan teka-teki ini termasuk TTS akan mempunyai fungsi otak setara oleh usia mereka saat 10 tahun lebih muda.

3. Lumosity

Lain lagi dengan Lumosity, permainan ini dapat kamu mainkan dengan situs web atau dapat mengunduh langsung di aplikasi melalui ponsel.

Game ini memiliki fokus pada tingkat memori penggunanya dari pemecahan masalah serta pemikiran.

Games Lumosity memiliki jenis permainan pada setiap sesi yang juga menantang otak.

BACA JUGA:Viral Perselingkuhan Menantu dan Mertua di Banten, Ini Kronologi Lengkap dari Sang Istri

4. Fit brain trainer

Permainan fit brain trainer ini dapat kamu mainkan di aplikasi pada ponsel. Ada 10 jenis game yang bisa kamu mainkan di sini.

Dalam permainan ini kamu dapat menyelesaikan game tersebut dengan kategori tertentu dan aplikasi tersebut akan menilai perkembangan melalui grafik berkode warna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: