Penting! Berikut Ini Manfaat Membaca Al-Quran Bagi Kehidupan, Cek di Sini

Penting! Berikut Ini Manfaat Membaca Al-Quran Bagi Kehidupan, Cek di Sini

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: um-surabaya.ac.id)

BETVNEWS - Membaca Al-Quran memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari, dapak kamu simak informasinya di sini.

Aktivitas membaca Al-Quran ini dapat kamu lakukan di mana pun dan kapan saja.

Luangkanlah waktu untuk membaca Al-Quran, hingga kamu dapat merasakan manfaatnya dan terapkan setiap hari.

Membaca Al-Quran juga tidak hanya sekadar cukup melafaskannya saja, kamu juga harus memperhatikan tatanan dalam bacaannya. 

Dilansir dari um-surabaya.ac.id, Ayat suci Al-Quran merupakan bagian dari agama Islam, tak terlepas dari setiap umat muslim. Hal ini, Al-Quran diyakini menjadi pedoman hidup atau tuntunan hidup.

Sebagai seorang muslim, tentu harus percaya bahwa Al-Quran Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sangat dianjurkan untuk meluangkan waktu membaca Kalam Allah tersebut.

Sokhibul Arifin Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) memaparkn beberapa keutamaan dalam membaca Al-Quran setiap waktu versi Rasulullah.

Keutamaan tersebut yakni dapat menuai kehidupan yang dipenuhi oleh sumber keberkahan dan dapat dilancarkan berbagai urusan, begitu penjelasannya.

Rasulullah SAW. bersabda:"Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf."(HR. At-Tirmidzi)

"Keutamaan membaca Al-Quran bahkan disebutkan secara rinci, salah satunya melalui hadist dari Riwayat Abdullah Ibnu Mas'ud yang menjelaskan, setiap satu huruf yang dibaca akan diberi balasan satu kebaikan," tegas Sohib.

Selanjutnya, keutamaan lain Al-Quran yaitu memberikan syafaat di akhirat nanti. Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda, "bacalah Al-Quran, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya".

"Hadist ini memerintahkan agar menjadikan Al-Quran sebagai bacaan utama harian kita. Kelak Al-Quran akan menjadi sahabat di akhirat jika kita sudah membersamainya sejak di dunia," jelasnya lagi.

Mempelajari dan mengamalkan Al-Quran yang dibaca, memiliki keistimewaan yang mana kedua orangtua akan dikenakan mahkota dari cahaya di hari kiamat.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. "Siapa saja membaca Al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat mahokota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari". (HR. Hakim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: