BBM Terkontaminasi Air, Segini Harga Kuras Tangki Bensin Mobil

BBM Terkontaminasi Air, Segini Harga Kuras Tangki Bensin Mobil

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: fastnlow.net)

BETVNEWS- Baru-baru ini viral di media sosial, sebuah video yang memperlihatkan puluhan kendaraan mogok setelah mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite di Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Kejadian tersebut viral usai salah satu akun Instagram @karawang_kekinian yang mengunggah kejadian tersebut. Diketahui, peristiwa tersebut terjadi di SPBU 34.413.06 di Desa Aman Sari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

BACA JUGA:Curi Dompet Berisi Handphone dan Uang, Warga Seginim Dibekuk Polisi

Teguh Aprianto Kepala Bidang Operasional SPBU 34.413.06 menjelaskan, kejadian tersebut disebabkan oleh faktor alam, bukan kesengajaan.

Dia menjelaskan, hujan yang mengguyur kawasan Amansari, Rengasdengklok selama beberapa hari menyebabkan air hujan merembes ke dalam tangki penyimpanan BBM Pertalite yang ada di dalam tanah.

Pihaknya juga telah memberikan santunan kepada puluhan pemilik kendaraan yang mogok akibat pengisian bahan bakar bercampur air di lokasi tersebut.

BACA JUGA:Bahaya Kendaraan yang Diisi BBM Bercampur Air, Berkarat hingga Mati Mesin

"Kami telah memberikan santunan kepada pemilik 26 sepeda motor dan 4 mobil untuk diperbaiki. Sepeda motor Rp 500.000 dan mobil Rp 750.000 sampai Rp 1 juta," kata Teguh dikutip dari Kompas.com Regional, Rabu 4 Januari 2023.

Terkait kejadian tersebut, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, jika mobil mogok akibat pengisian bahan bakar bercampur air, maka pemilik kendaraan harus segera menguras tangki.

"Tidak ada jalan lain, tangki harus dikuras. Karena kalau dibiarkan bisa merusak SPBU," kata Didi saat dilansir dari Kompas.com, Rabu 4 Januari 2023.

BACA JUGA:Heboh Pertalite Campur Air di Karawang, Begini Penjelasan Pertamina

Adapun biaya pengurasan tangki bensin, harga bervariasi. Ruki, Kepala Bengkel Kembangan Subur Jaya Motor Jakarta Barat mengatakan, biaya pengurasan tangki mobil mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 750.000.

“Untuk mobil Jepang harganya Rp 400.000, sedangkan untuk mobil Eropa seperti BMW atau Mercedes-Benz harganya Rp 750.000,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: