dempo

Mampukah Indonesia Melaju ke Final Piala AFF 2022?

Mampukah Indonesia Melaju ke Final Piala AFF 2022?

Pemain Timnas Indonesia usai mencetak gol pada laga Grup A melawan Brunei Darussalam di Stadion Kuala Lumpur, Senin 26 Desember 2022.--(Sumber Foto: PSSI/Twitter)

BETVNEWS- Timnas Indonesia lolos melenggang ke babak semifinal dengan status runner-up Grup A Piala AFF 2022.

Hasil ini membuat perjalanan Skuad Garuda menuju final menjadi semakin terjal.

BACA JUGA:Jelang Laga Kontra Indonesia, Timnas Vietnam Minta Tolong ke AFF dan FIFA

Indonesia mengalahkan Filipina 2-1 di Rizal Memorial Stadium pada matchday terakhir Grup A Piala AFF 2022, Senin malam 2 Januari 2023. Hasil tersebut hanya membuat Indonesia lolos ke babak semifinal dengan status runner up.

Sebab, di pertandingan lain, Thailand sukses mengalahkan Kamboja 3. Hal tersebut membuat Thailand unggul selisih gol setelah sama-sama mengumpulkan 10 poin.

Indonesia kemudian akan bertemu Vietnam sebagai juara grup B. Duel leg pertama berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat 6 Januari 2023. Serta leg kedua berlangsung di Stadion My Dinh tiga hari kemudian.

BACA JUGA:Kuy Tambah Wawasan! Ini 5 Wisata Sejarah yang Ada di Jogja, Cek Informasi lengkapnya di Sini

Sekalipun Tim Merah Putih belum pernah kalah saat bertemu di ajang ini, namun Vietnam saat ini menjadi tim yang menakutkan bagi Indonesia. Golden Star saat dikelola oleh Park Hang-seo memiliki permainan yang apik.

Masalah yang dikhawatirkan Indonesia yakni mengenai penyelesaian akhir. Terlebih, Indonesia kehilangan striker tajam usai Boaz Solossa menyatakan pensiun.

Indonesia dan Vietnam terakhir bertemu di Piala AFF 2020 yang digelar pada Desember 2021 di Singapura. Kala itu, kedua tim bermain di fase grup dan berakhir imbang tanpa gol. 

BACA JUGA:Mengapa Harga BBM di Tiap Daerah Berbeda-beda? Ini Penjelasannya...

Dalam prosesnya, ketika Indonesia melaju ke final. Ricky Kambuaya dkk gagal memanfaatkan peluang berada di laga puncak karena kandas dari Thailand.

Indonesia berhasil mencapai final Piala AFF sebanyak enam kali. Akan tetapi hanya berakhir sebagai runner-up.

Dalam kesempatan ini, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong, mengucapkan terima kasih karena pemerintah telah mengirimkan dukung dengan memberikan pesawat carteran. Hal tersebut tentu menjadi hutang bagi timnas Indonesia untuk mempersiapkan Piala AFF dengan baik dan  mempersembahkan kemenangan bagi Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: