Susah Tidur, Simak Tips Agar Terhindar dari Insomnia

Susah Tidur, Simak Tips Agar Terhindar dari Insomnia

Foto merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Disway.id)

BETVNEWS- Memiliki waktu tidur yang cukup bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Namun terkadang, ada beberapa faktor yang menghalangi kita untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, yaitu membuat kita lelah, pusing dan stress di pagi hari.

BACA JUGA:Viral Qariah Disawer Saat Membaca Al-Quran, Ketua MUI Buka Suara

Beberapa faktor yang membuat kita kehilangan kualitas tidur di antaranya penyakit, stres, terkait pekerjaan dan tanggung jawab keluarga. Untuk dapat menekan masalah tidur, berikut tips yang bisa kamu lakukan.

1. Buat jadwal tidur

Waktu tidur rata-rata yang ideal untuk orang dewasa yaitu 7 jam sehari. Dengan jadwal tidur yang teratur setiap hari akan menjadi kebiasaan dan memperkuat siklus tidur.

Jika dalam 20 menit pertama masih kesulitan tidur, cobalah bangun dari tempat tidur. Dengarkan musik atau baca buku setelah mata lelah, lalu kembali tidur dan coba pejamkan mata lagi.

2. Batasi tidur siang

Tidur siang berlebihan dapat memengaruhi jam tidur di malam hari. Saat tidur siang, cobalah untuk tidur tidak lebih dari satu jam.

BACA JUGA:Pameran Seni Jurnal Visual ‘Point of View’ Diserbu Pengunjung

3. Kelola stress

Cobalah untuk mengelola masalah atau stress sebelum tidur. Kamu dapat menuliskan apa yang kamu pikirkan dan menyimpannya untuk besok.

Manajemen stres juga dapat membantu lebih rileks di malam hari dan memudahkan untuk tertidur. Caranya, mulailah membuat skala prioritas dari yang paling penting hingga yang kurang penting.

4. Sertakan aktivitas fisik dalam rutinitas 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: