Waspada Cuaca Ekstrem, Ini Lokasi yang Rawan Bencana di Lebong

Waspada Cuaca Ekstrem, Ini Lokasi yang Rawan Bencana di Lebong

Salah satu lokasi rawan terjadi longsor di Kabupaten Lebong, merupakan lintas Lebong - Rejang Lebong.--(Sumber Foto: Doc/Betv).

LEBONG, BETVNEWS - Cuaca ekstrem yang terjadi saat ini di Kabupaten Lebong membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong siaga. Bahkan BPBD meminta warga khususnya para pengendara waspadai bencana banjir dan longsor sepanjang jalan lintas Lebong-Curup yang rawan terjadi longsor.

Berdasarkan pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebong, potensi tingginya curah hujan saat ini diprediksi akan terus meningkat. Untuk itu BPBD Lebong mengimbau warga tetap mewaspadai bencana alam yang selalu mengancam.

BACA JUGA:Mulai Terkuak!! Ladang Ganja Seluas 1 Hektar di Rejang Lebong ada Pemodal, Ini Dia Orangnya

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Lebong, Hendra mengatakan di wilayah Kecamatan Lebong Selatan serta Rimbo Pengadang ada puluhan titik yang menjadi daerah rawan longsor.

BACA JUGA:Percepat Serapan Anggaran, Ini Strategi Pemkab Lebong

“Setidaknya terdapat 7 titik sepanjang jalan dari desa Air Dingin sampai Talang Ratu yang rentan terjadi bencana longsor, petugas mencatat 7 titik ini sudah mulai menunjukkan runtuhan tanah secara perlahan dan masuk ke badan jalan,” jelas Hendra. 

BACA JUGA:Dikejar Hingga ke Rumah, Kemudian Ditusuk dan Meninggal Dunia, Begini Penjelasan Saksi

Selain itu, dalam menanggapi potensi bencana ini, BPBD Kabupaten Lebong juga terus menyiapkan personil Tim Reaksi Cepat atau TRC untuk siaga. 

Pihaknya juga meminta warga agar interaktif dalam memberikan informasi jika terjadi bencana sehingga petugas bisa segera turun ke lokasi. 

BACA JUGA:Tumpukan Sampah Menggunung Hiasi Kota Bengkulu, Siapa yang Bertanggung Jawab?

“Kita juga berharap Dinas Pekerjaan Umum untuk menyiagakan alat berat, sehingga jika terjadi bencana longsor bisa dengan cepat teratasi dan tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas,” harapnya.

Berdasarkan perkiraan cuaca dari BMKG Provinsi Bengkulu, bahwa memang di beberapa wilayah akan mengalami cuaca yang cukup ekstrem.

BACA JUGA:Elite Parpol Parlemen Kecuali PDIP, Berikan Pernyataan Sikap Tolak Pemilu Coblos Gambar Partai

Dari perkiraan cuaca yang dirilis BMKG Provinsi Bengkulu, bahwa beberapa hari kedepan kemungkinan akan terjadi hujan ringan hingga deras, dan disertai angin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: